Kamis 10 Agustus 2017, 15:53 WIB

Kisah Bung Karno Antusias Diajak Tonton Tari Perut oleh Nasser

|   |    |

|   |
Kisah Bung Karno Antusias Diajak Tonton Tari Perut oleh Nasser
 By Erwin Dariyanto Jauh sebelum peristiwa tarian perut di depan para menteri
saat peluncuran buku Anwar Nasution, Bung Karno pernah...  |   |

Erwin Dariyanto - detikNews

Sukarno (Dokumen: penasoekarno)

Jakarta - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku sudah akan meninggalkan
ruangan peluncuran buku Anwar Nasution saat tarian perut berlangsung, Senin
(7/8/2017). Kebetulan, kata Basuki, saat itu acara sudah selesai.

Dalam video yang tersebar, tampak Menteri Basuki tersenyum dan buru-buru
meninggalkan ruangan. "Saya itu mau pergi, bukan joget. Acara waktu itu sudah
selesai," kata Basuki saat berbincang dengan detikcom, Kamis (10/8/2017).

Jauh sebelum peristiwa tarian perut dalam peluncuran buku Anwar Nasution itu
terjadi, ada peristiwa menarik saat Presiden Sukarno berkunjung ke Mesir pada
1950-an.

| Baca juga: Heboh Video Penampilan Tari Perut di Depan Menteri |

Saat itu, di suatu malam ketika Bung Karno akan beristirahat di hotel, pintu
kamarnya diketuk oleh ajudannya, Letkol Sabur. Belum juga pintu terbuka
setengah, ajudan presiden itu langsung kena semprot.

"Hei, Bur, ada apa malam-malam begini?" hardik Bung Karno. "Aku kan sudah
bilang aku mau istirahat!" kata Bung Karno, seperti dikutip dari buku karya
Guntur Soekarnoputra berjudul 'Bung Karno, Bapakku, Kawanku, dan Guruku', yang
dikutip detikcom, Kamis (10/8).

Bung Karno marah kepada Sabur karena malam itu dia baru tiba di Kairo setelah
perjalanan jauh dari Jakarta. Karena tak ada acara, ia memilih langsung tidur
agar besok tampil segar saat bertemu dengan Presiden Mesir Gamal Abdul Nasser.

Tergagap, Sabur menyampaikan bahwa Nasser mengirim utusan. Kemarahan Sukarno
mereda dan dia meminta utusan Nasser, Marsekal Abdul Hakim Amir, itu masuk ke
kamarnya. Mengenakan kaus oblong dan celana piyama, Sukarno menerima Marsekal
Amir. "Presiden Nasser mengutus saya menjemput Paduka Yang Mulia untuk
inspeksi," kata Amir.

Sukarno langsung memotong pembicaraan Amir dan meminta agar disampaikan kepada
Nasser bahwa ia terlalu lelah buat inspeksi pasukan ataupun persenjataan Mesir
pada larut malam. Tapi Amir terus meminta Sukarno ikut dengannya.

"Begini, presiden kami mengundang sahabat beliau, Presiden Indonesia, untuk
menginspeksi penari-penari perut di Kairo ini," kata Amir.

Mendengar itu, Sukarno sontak bersemangat. "Kenapa tidak bilang dari tadi!"
kata Sukarno. "Sampaikan kepada saudaraku, Nasser, Sukarno dari Indonesia akan
siap dalam sepuluh menit!"

| Baca juga: Tertangkap Kamera Lihat Tari Perut, Menteri Basuki: Saya Apes |

Inspeksi penari perut yang diceritakan ulang oleh Guntur ini hanya salah satu
agenda tak resmi Bung Karno bersama pemimpin negara sahabat. Dalam buku
tersebut, Guntur bercerita Sukarno di sela-sela pertemuan Gerakan Nonblok
pernah diajak menonton kabaret oleh Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito.

"Wah, Bapak senangnya bukan main diajak Pak Tito nonton kabaret yang pamer
paha," tulis Guntur. "Waktu Pak Tito ke Indonesia dibalas dengan mengajak
nonton tari Bali yang megal-megol mengasyikkan."
(erd/jat)
  • [GELORA45] Kisah Bung Ka... Jonathan Goeij jonathango...@yahoo.com [GELORA45]

Kirim email ke