From: GELORA45@yahoogroups.com [mailto:GELORA45@yahoogroups.com]
Sent: Friday, November 17, 2017 10:19 AM
To: GELORA45@yahoogroups.com; Awind <j.gedea...@upcmail.nl>
Subject: [**EXTERNAL**] Re: [GELORA45] Idrus Sebut Ada Kader Golkar yang
Bersama Novanto Saat Kecelakaan ----- Terbaring di RS, Novanto Pingsan atau
Tidur?

Iyaa, ... saya kok jadi bertanya-tanya bagaimana nasib Supir dan “Kader Golkar”
bersama Novanto satu mobil itu? Kalau saja Novanto yang duduk dibelakang saja
sampai begitu PARAH, bagaimana sopir dan mungkin juga “Kader Golkar” yang duduk
didepan?

Tapi kalau melihat foto kerusakan mobil yg nabrak tiang-listrik itu, saya
meragukan Novanto bisa sebegitu parahnya, ... apa bukan sandiwara saja untuk
menghindar jerat HUKUM yang lebih BERAT bagi tersangka yang hendak kabur?!

Salah satu cara baru untuk menghidari pemeriksaan KPK. Kalau mau bebas ya Naik
Haji.

https://news.detik.com/berita/d-3730672/idrus-sebut-ada-kader-golkar-yang-bersama-novanto-saat-kecelakaan?_ga=2.207889682.1287519947.1510856483-2048089425.1510856477
Jumat 17 November 2017, 00:23 WIB
Idrus Sebut Ada Kader Golkar yang Bersama Novanto Saat Kecelakaan
Audrey Santoso - detikNews
[https://awscdn.detik.net.id/libs/sharebox/images/sh-fb.png]Share 0
 [https://awscdn.detik.net.id/libs/sharebox/images/sh-tw.png] Tweet
 [https://awscdn.detik.net.id/libs/sharebox/images/sh-gplus.png] Share 0
 [https://awscdn.detik.net.id/libs/sharebox/images/sh-com.png] 20 komentar
[...]
Kecelakaan]Sekjen Golkar Idrus Marham (Yulida/detikcom)
FOKUS BERITA: Setya Novanto
Kecelakaan<https://news.detik.com/indeksfokus/2879/setya-novanto-kecelakaan/berita>

[...]

Jakarta - Sekjen Partai Golkar Idrus Marham mengatakan ada kader Golkar yang
bersama sang ketum, Setya Novanto, saat mengalami kecelakaan mobil. Orang
tersebutlah yang lalu menghubungi Idrus soal kecelakaan tunggal itu.

"Yang tadi yang menyampaikan ke saya orang Golkar malah, yang bersama dengan di
sana itu sampai terjadi kecelakaan," kata Idrus setelah menghadiri rapat DPD
tingkat I Partai Golkar di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Kamis
(16/11/2017) malam.

Namun Idrus tak menjelaskan identitas orang Golkar yang bersama Novanto hingga
kecelakaan terjadi. Saat ditanya lebih jauh, dia tetap menutup rapat identitas
kader Golkar itu.
Baca juga: Pengacara Novanto: Sopir Luka Sedikit, Ajudan Cukup
Parah<https://news.detik.com/read/2017/11/17/001251/3730670/10/pengacara-novanto-sopir-luka-sedikit-ajudan-cukup-parah>

"Saya katakan, ya sudah kalau ada kecelakaan, masukin rumah sakit. Setelah itu
saya belum ke sana karena ada pertemuan ini," sambung Idrus.

Idrus mengaku sudah tahu rencana Novanto akan menyerahkan diri ke KPK malam
ini. Kabar tersebut dia dapat dari orang-orang terdekat tersangka kasus dugaan
korupsi e-KTP yang sempat menghilang itu.
Baca juga: Ini Foto-foto Detail Mobil Setya Novanto yang Rusak Usai Tabrak
Tiang<https://news.detik.com/readfoto/2017/11/16/214550/3730516/157/1/ini-foto-foto-detail-mobil-setya-novanto-yang-rusak-usai-tabrak-tiang>

"Ya saya tahulah (Novanto mau ke KPK). Kalau tahu itu kan tidak harus langsung
(dari Novanto). Dari teman-teman yang biasa dampingin," jelasnya.

Idrus menuturkan para kader Golkar terkejut saat mendengar Novanto mengalami
kecelakaan. Mereka pun prihatin.
Baca juga: Penyidik KPK Masuk Ruang IGD RS Medika Tempat Novanto
Dirawat<https://news.detik.com/read/2017/11/16/233753/3730647/10/penyidik-kpk-masuk-ruang-igd-rs-medika-tempat-novanto-dirawat>

"Pada kaget semua dan mereka pasti kan ada prihatin. Karena ini ada masalah,
sudah mau hadir memenuhi panggilan KPK, tiba-tiba ada kecelakaan itu," sebut
Idrus.

Seperti diketahui, Novanto mengalami kecelakaan mobil saat hendak menuju KPK.
Ketua DPR itu kemudian dirawat di RS Medistra Permata Hijau dan disebut
mengalami luka yang cukup parah, termasuk gejala gegar otak.
(aud/elz) setya novanto<https://www.detik.com/tag/setya-novanto/> setya novanto
kecelakaan<https://www.detik.com/tag/setya-novanto-kecelakaan/> setya novanto
menghilang<https://www.detik.com/tag/setya-novanto-menghilang/> korupsi
e-ktp<https://www.detik.com/tag/korupsi-e-ktp/> setya novanto
tersangka<https://www.detik.com/tag/setya-novanto-tersangka/>

===============

https://news.detik.com/berita/d-3730674/terbaring-di-rs-novanto-pingsan-atau-tidur
Jumat 17 November 2017, 00:21 WIB
Terbaring di RS, Novanto Pingsan atau Tidur?
Arief Ikhsanudin, Ahmad Bil Wahid - detikNews

Jakarta - Ada dua keterangan berbeda terkait Setya Novanto yang terbaring di
rumah sakit pascakecelakaan. Ada yang bilang pingsan, ada pula yang menyebut
dia tidur.

Pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, mengatakan kliennya itu pingsan sejak awal
terjadinya kecelakaan. Novanto, kaya Fredrich, dibawa ajudan menggunakan ojek.

"Tidak (pakai mobil), beliau dibawa ke sini pakai ojek. Karena pingsan, sudah
ketakutan, sudah bingung. Cari yang paling cepat supaya pertolongan pertama
karena berdarah," kata Fredrich di RS Permata Hijau, Jakarta Selatan, Kamis
(16/11/2017) malam.

Sedangkan keterangan berbeda disampaikan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.
Setelah menjenguk Novanto, Idrus menyebut Novanto sedang tertidur.

Idrus datang menjenguk ke RS Medika Permata Hijau sekitar pukul 22.50 WIB. Dia
kemudian keluar pukul 23.21 WIB.

"Pak Novanto sedang istirahat, tidur tadi. Tentu karena kurang sehat, tidak
bisa saya bangunkan," kata Idrus saat diwawancarai wartawan.

Idrus kemudian bicara soal kondisi Setya Novanto di ruang perawatannya di
lantai 3 rumah sakit tersebut. Menurutnya, di dalam ruangan itu ada istri Setya
Novanto, Deisti Astriani Tagor, dan ajudan Ketua DPR tersebut.

Selain itu, di dalam ruangan perawatan Novanto itu ada penyidik KPK. "Saya
tidak menemukan ada dokter di dalam," ujar Idrus.

Idrus mengatakan hanya melihat Novanto terbaring. "Saya lihat ada perban di
tangan, di sini (menunjuk kepala), tapi tidak saya sentuh karena tidur,"
ucapnya. Dia juga mengaku sempat berbincang sedikit dengan penyidik KPK.

Jadi siapa yang benar? Belum diketahui secara pasti. Tim KPK masih berada di RS
Medika untuk memastikan kondisi Novanto.

Mobil Fortuner warna hitam bernomor polisi B-1732-ZLO yang ditumpangi Setya
Novanto disebut mengalami kecelakaan saat melintas di Jalan Permata Berlian,
Jakarta Selatan, malam tadi. Saat kecelakaan, diketahui Novanto ditemani ajudan
dan sopir.
(fjp/fjp)
setya novanto<https://www.detik.com/tag/setya-novanto/> setya novanto
kecelakaan<https://www.detik.com/tag/setya-novanto-kecelakaan/>