Bung Chan,
Kalau saya baca tekst NHK :
Documentary hosted by Michael Rhys, published by NHK in 2017 - English
narration Exodus of 100 Million Farmers China's economy is supported by a
cheap labor force of farmer laborers who have flowed into big cities from
rural villages. As the economy slows down, a national project is underway
to attract farmers to smaller sized cities and turn 100 million farmers
into urban consumers. Residential districts in big cities where farmer
laborers live are being torn down, forcing them to leave. We take a closer
look at this national project, where farmers' lives are tossed about again
by China's transformation.

dan kalau saya lihat videonya, interpretatie saya :
Pemerintah Tiongkok melakukan proyek nasional, sehingga akhirnya 100 juta
migrant
workers pindah ke kota2 kecil. Di videonya dijelaskan tujuannya agar 100
juta migrant pindah
dari desa2 dan dari kota2 besar ke kota2 kecil, yang di situ anak2 migrant
dapat fasilitas
sekolah seperti penduduk kota tersebut.
Yang terjadi :
Ada yang pilih balik ke desanya dari kota besar.
Ada yang jual tanah di desanya, untuk bisa beli tempat tinggal di kota
kecil dan kerja di situ.
Ada yang cari sewa tempat, di kota yang sama, yang tidak kena gusur, tetapi
harus bayar
sewa tinggi.
Pemerintah kota banyak bangun flat2 baru, dengan memberikan subsidi pada
yang beli, tetapi
tetap mahal bagi migrant workers, meskipun sudah puluhan tahun menabung
dari kerja puluhan
tahun di kota besar.
Li Ke Chiang mengharapkan kalau poyek berhasil, GDP akan naik.
Perusahaan2 di Beijing mulai mengalami kesulitan dengan keluarnya banyak
migrant workers
yang murah dalam melever barang ke konsumen.
Jadi proyek tujuan pemindahan 100 juta migrant workers itu adalah untuk
seluruh Tiongkok, bukan
100 juta yang sudah tergusur dari satu distrik :
"  Tapi dia sama sekali tak berkomentar tentang satu distrik dengan100 juta
orang yang digusur dan kehilangan semuanya!! Memang sikap orang ditentukan
kepada siapa dia "
Tidak tahu, apa setelah melihat kenyataan di lapangan, akan ada perbaikan2.
Kalau tidak, ya pilih balik ke desanya,membangun
lagi dengan modal yang terkumpul hasil kerja puluhan tahun ? Tetapi, kan
berarti proyeknya Li Ke Chiang akan gagal ?

GELORA45@yahoogroups.com>:

> Ini nenek dalam tempurung betul-betul sudah TIDAK BISA menangkap dengan
> baik tulisan orang lain! Cobalah dibaca kembali, perlambatan ekonomi
> Tiongkok TIDAK sampai mengakibatkan 100 juta buruh jatuh penganggur,
> kesulitan untuk menempuh hidupnya, ... dan TIDAK ada rumah tinggal lagi!
> Mayoritas mutlak buruh penganggur dikota itu tersedot kembali kekampung
> mereka dan hidup lebih baik dari buruh di kota, ... itulah yang terjadi
> selama ini dan TIDAK dijelaskan NHK!
>
> Kalau tidak begitu, bagaimana Xi berani dengan lantang akan menyelesaikan
> [...]

Kirim email ke