Bung Billy Gunadie betul kalau "Komunis dan Sosialis bukannya gara-gara
Karl Marx ...penulis dan pengarang sociology?". Itu sih baru kabar
burung.

Nah kalau begitu lalu teori apa yang diciptakan oleh Karl Marx itu?
Baiklah kita ikuti penjelasan dari penciptanya sendiri.

Dalam suratnya kepada Weydemeyer tertanggal 5 Maret 1852, Karl Marx
menyatakan tentang penemuan teorinya itu bukanlah masalah teori
pengetahuan tentang klas dan perjuangan klas. Tentang anggapan ini
pernah dibantah sendiri oleh Karl Marx, (lihat Marx/Engels Werke, Dietz
Verlag Berlin, 1972,Band 28, Seite 507/508.), yang ditulis sebagai
berikut:

"Adapun mengenai diri saya (Karl Marx - pen), bukanlah jasa saya
ditemukan adanya klas-klas dalam masyarakat modern dan juga ditemukan
adanya perjuangan di antara klas-klas itu. Jauh sebelum saya para ahli
sejarah borjuis telah membentangkan perkembangan kesejarahan perjuangan
klas-klas ini dan para ahli ekonomi borjuis menguraikan anatomi ekonomi
dari klas-klas. Hal baru yang telah saya lakukan adalah membuktikan
(nachzuweisen) :

1 - bahwa adanya klas-klas itu hanyalah bertalian dengan fase-fase
kesejarahan khusus dalam perkembangan produksi  - [bhs Jerman - ...,
daß die Existenz der Klassen bloß an bestimmte historische
Entwicklungsphasen der Produktion gebunden ist];  [bhs. Inggris - to
show that the existence of classes is merely bound up with certain
historical phases in the development of production;]

2 - bahwa perjuangan klas tak terhindarkan menjurus ke diktatur
proletariat  - [. . . , daß der Klassenkampf notwendig zur Diktatur des
Proletariats führt]; [that the class struggle necessarily leads to the
dictatorship of the proletariat;]

3 - bahwa diktatur ini sendiri hanyalah merupakan peralihan ke arah
penghapusan semua klas dan ke arah masyarakat tanpa klas-klas. - […,
daß diese Diktatur selbst nur den Übergang zur Aufhebung aller Klassen
und zu einer klassenlosen Gesellschaft bildet.] - [that this
dictatorship itself constitutes no more than a transition to the
abolition of all classes and to a classless society.]

Karena itu kesimpulannya yalah: seseorang baru bisa dikatakan marxis
kalau membenarkan penemuan yang diciptakan oleh Karl Marx itu sendiri.

Lusi.-

Kirim email ke