Sekalipun Ketua Mao tidak dipatok menjadi Ketua PKT seumur-hidup, tapi dalam
kenyataan menjabat Ketua PKT sejak tahun 1945, Kongres ke-7 PKT, sampai
meninggal Sept. 1976. Ketua Mao secara resmi hanya tetap memegang Ketua PKT dan
Ketua Komisi Militer, di tahun 1959 menyerahkan kedudukan Presiden RRT pada Liu
Shaoqi.

Namun, banyak suara menyatakan, sekalipun Ketua Mao mundur dari kekuasaan
kenegaraan, melepas jabatan Presiden , tapi TETAP adalah orang Pertama yang
paling berkuasa di Tiongkok, dan, ... dimasa RBKP lebih-lebih terbeentuk kultus
perseorangan yang sangat merugikan dan menimbulkan KORBAN yang terlalu BESAR
dan LUAS, yang tidak seharusnya terjadi! Itulah sebab, ditahun 1982, Deng untuk
mencegah timbulkan kultus perseorangan dan kekuasaan yang terlalu besar
ditangan seorang, menetapkan masa jabatan Ketua/Presiden tidak lebih dari 2X
masa jabatan! Dengan penekanan tradisi kepemimpinan PKT adalah pimpinan
KOLEKTIF, bukan mengutamakan kezenialan seseorangan.

Sebenarnya, ketentuan pembatasan 2X masa jabatan ini sudah hampir dilanggar
oleh Jiang Zhimin, yang hendak terus mengangkangi posisi Ketua Komisi Militer,
karena dianggap kekuasaan lahir dari laras senapan! Tapi, karena sudah
ditetapkan dalam Konstitusi, akhirnya ditahun berikut Ketua Komisi Militer baru
dipegang Hu Jintao. Saat pergantian pimpinan Hu oleh Xi terakhir itu, nampak
lancar-lancar saja. Hu MUNDUR, melepaskan semua jabatan tertinggi dan diganti
oleh Xi.

Nah, setelah melihat kepemimpinan Xi-Li dalam 5 tahun terakhir ini lebih baik
dan menunjukkan banyak kemajuan, ... nampaknya keembali suara lebih keras dan
kuat untuk mendukung Xi meneruskan jbatan tertinggi PKT/RRT itu! Terjadilah
usulan menghapus ketetapan pembatasan 2X masa jabatan bagi ketua PKT dan
Presiden. Yang berhasil disahkan Kongres Rakyat Nasional, dengan 2 suara
menentang dan 3 abstein saja.

Tapi, apakah dengan penghapusan penetapan pembatasan 2X masa jbatan itu berati
mematok Xi menjadi Ketua PKT seumur-hidup? Tentu saja TIDAK! Penghapusan masa
jabatan itu hanya membuka jalan bagi Xi untuk tetpat berkuasa lebih dari 10
tahun, TIDAK berarti sudah ditetapkan berkuasa seumur hidup, ... begitu
kesadaran peserta Kongres Rakyat yang menyetujui penghapusan pembatasan 2X masa
jabatan.

Bagaimana kenyataan yang terjadi, yaa, ... kita lihat saja apakah Xi akan
meneruskan jabatan Ketua PKT sampai mati???

Salam,
ChanCT