Saya tulis: sayangnya ttp saya tidak menyayangkan.

Konservatisme ditubuh NU dari dulu sudah ada. Begitu juga yg progresif sudah
bercokol dari dulu dan lebih semarak ketika gus dur naik.

Jelas maaruf amin menyayangkan adanya kelompok progresif said agil, gus dur
dengan yenny nya skrg dll.

Tulisan bung ini: “Perlu diingat, Said Aqil dan Muhaimin Iskandar tidak
keberatan thd penunjukkan MA.

Dan MA justru memerlukan dukungan keduanya dlm menghadapi kelompok radikal.”

Jelas bung berpendapat maaruf amin adalah sama2 sekelompok dgn cak imin dan
said aqil yg progresif. INI SALAH BESAR!

Cak imin dan said aqil berkelompok vs gusdurian yg skrg diwakili oleh yenny
wahid. Ini awal persoalannya. Masalah maaruf amin diusung oleh cak imin dan
said aqil itu alasannya banyak. Sudah saya tulis. Mahfud itu orangnya gus dur.
Bung harus lebih jeli melihat orang2 ini terutama ketika mereka lagi bicara
harus jelas konteksnya apa. Dunia politik itu di abu2 bukan hitam atau putih.

Maaruf amin ya mau aja donk jadi wapres. Wong dia itu lebih politis
dibandingkan ulamanya. Semoga saja Jokowi bisa memanfaatkan orang satu ini yg
memang konservatif.

Cak imin saya tidak tahu krn dia berlaku sbg politikus. Dia bisa konservatif
dan progresif pada saat tertentu.

Waktu barusan Mahfud MD tidak terpilih ya salah satu oponennya adalah cak imin
yg pengin maaruf amin jadi wapres Jokowi. Alasannya apa? Gak ada yg tahu. Dia
sendiri yg tahu. Diluaran alasan yg ada bergulir dari parpol gak mau Mahfud md
sampai disebutkan personally cak imin gak mau Mahfud naik krn mrk berdua adalah
lawan politik. Cak imin sudah keluar dari jalur gus dur. Yg lain katanya cak
imin mau maaruf amin krn sbg rais NU dia konservatif. Lihat kan diluaran
alasan2nya banyak dari konservatisme s/d politik. Makanya saya bilang saya gak
tahu siapa cak imin ini selain dia adalah seorang politikus.

Masalah ekonomi Syariah yg diganti dgn istilah keren: ekonomi keumatan utk
maaruf amin itu sori2 saja bagi saya. Maaruf amin bukan ekonom. Hanya ngerti
Syariah/keumatannya saja. Walaupun gak disangkal dibelakang nya tentu ada yg
mengerti ekonomi keumatan ini, tetapi seberapa ngertinya. Ini pertanyaannya.

Wong dinegara Syariah saja ekonominya masih berdasarkan kapitalisme. Dinegara
sosialis yg memang gak ada negara Syariah. Banyak orang mimpi mau bikin ekonomi
Syariah. Dulu terkenal dgn istilah ekonomi kerakyatan. Saya sudah nulis sering
sampai bosan. Dulu pakarnya adalah almarhum mubyarto dari UGM ya gak bisa2
juga. Saya baca tulisan2nya. Saya ikut denger2 dari orang2 lain seminar2nya.
Sampai2 dia mau ngobrol sama saya waktu dia diundang datang disalah satu
universitas di amerika. Penerapannya yg susah. Ngomong gimana pun prinsip2 ilmu
ekonominya akan lebih dominan. Mau ekonomi kerakyatan kek, mau ekonomi
sosialisme kek, ekonomi komunisme kek, semuanya berdasarkan ilmu ekonomi. Ini
yg gak pernah dimengerti oleh2 mereka2 yg sudah buta ideologi dan agama.

Lihat dibank2 seluruh dunia ada begitu banyak perbankan Syariah. Semuanya
dikelabui artinya perbankan Syariah itu hanyalah salah satu pangsa pasar/market
segment bagi bank. Semuanya ya bank yg berdasarkan system kapitalisme dinegara
kapitalisme. Kalau dinegara sosialisme yg berdasarkan system sosialisme. Tapi
gak tahu seperti apa perbankan dgn system komunisme. Saya gak tahu persis yg
ini.

Nesare