Satu perkembangan teknologi yang menakjubkan didunia ini, ... begitulah kemajuan budaya manusia selanjutnya mempermudah KERJA manusia dan dipandang dari sudut lain justru akan membuat kehidupan manusia terjungkel kalau tidak hati-hati. Bagaimana tidak?

Coba saja perhatikan dengan perkembangan Hp-canggih, nyaris semua fungsi computer bisa dijalankan di Hp kecil yang selalu melekat ditangan itu! Dan, ... memikat-nya nyaris cukup buuuaaanyak waktu kehidupan manusia tersedot di Hp dan termasuk anak-anak sekolah! Tidak sedikit side-effek terjadi dalam masyarakat, dari anak-anak malas belajar, rusuk tulang leher bermasalah karena kebanyakan nunduk main Hp, sampai perhatian mengasuh orang-tua pada anak-anak mengakibatkan berkurangnya kasih-sayang anak pada orangtuanya! Belum lagi banyak terjadi KECELAKAAN akibat Hp yg tidak lepas sedetikpun dari tangan, entah terjatuh, tabrakan dsb., ...

Lalu barusan juga dengar berita di Tiongkok, ada sementara oknum telah berhasil membuat alat pembaca utk mencuri DATA KTP orang, tentu kalau sudah terbaca KTP orang juga dengan mudah bisa membuat KTP palsu atau digunakan utk macam-macam perbuatan kejahatan. Ada lagi berita menyedihkan akibat Perang TEKNOLOGI yang terjadi antara RRT-AS, seorang Prof. Fishika muda genius, Zhang Shou Cheng, 55 Tahun, dikabarkan meninggal bunuh diri. Zhang orang Shanghai lulusan Univ. FuDan Shanghai, lalu meneruskan belajar di Stanford dan menjadi Prof. Seumur hidup, dengan banyak award dari penemuan dan penciptaannya, ... Sekalipun sudah menjadi WN-Amerika, Zhang ditahun 2009 kembali ke Beijing, menjadi Prof. di Univ. Tsing Hua dan tahun 2013 tergabung dalam Badan Penelitian Teknologi Tiongkok.

Ada yang menyatakan terakhir ini Zhang tertekan oleh tuduhan AS membocorkan teknologi tinggi pada Tiongkok dan sedang diawasi, ... eeiih tahu-tahu 1 Des. ditemukan meninggal dan katanya bunuh diri. Sungguh sangat disayangkan orang yg pinter begitu cepat meninggal dan tidak bisa meneruskan mengabdikan keahliannya bagi kehidupan umat manusia.

Yang hendak saya tekankan dengan adanya kemajuan teknologi, tentu adalah segi-positif nya bagi kehidupan manusia! Jadi harus dan mutlak harus diberi kesempatan terus berkembang lebih baik dan cepat, ... sedang segi-segi negatif yg bermunculan diatasi dengan bijaksana dengan menemukan jalan keluar yang baik saja. TIDAK karena terjadi segi-negatif lalu kemajuan teknologi itu dihambat bahkan dilarang! Jangan hanya karena automatisasi membuat pengangguran lebih banyak lalu automatisasi dihambat! Sebaliknya kemajuan itu HARUS dilanjutkan utk meningkatkan produksi berlimpah dan mengangkat kemakmuran masyarakat, ...bersamaan dengan itu menemukan jalan keluar yg baik memecahkan pengangguran yang terjadi!

b...@yahoo.com [GELORA45] 於 7/12/2018 7:43 寫道:

Apa yg diuraikan di Youtube video tsb dibawah hanya suatu contoh penggunaan Artificial Intellegence.

Pengalaman pribadi: Dulu kalau saya membuat report/document (waktu masih di Jerman dan Kanada), saya harus berbicara didepan microphone dan direkam di pita-rekam /tape. Kemudian pita-rekam ini diambil oleh sekretaris dan diketik di kertas olehnya. Perkembangan selanjutnya (waktu saya di AS), saya bisa men-dikte report di telepon yg kemudian diterima oleh pengetik report dari suatu company (yg letaknya bisa ditempat/kota lain). Setelah diketik di computer program, report ini dikirim ke computer saya utk koreksi dan persetujuan/approval. Beberapa tahun belakangan di AS, kebanyakan institusi memakai bantuan dari Artificial Intellegence/AI. Mula2, saya harus membaca kalimat2 di microphone dari computer (sup aya computer/AI mengenal suara/accent saya). Dan computer langsung dgn mengubah suara/bicara saya menjadi tulisan dari kalimat2 yg saya telah baca di screen dari computer. Tentunya masih ada/beberapa kesalahan. Saya langsung mengkoreksi kata2 saya yg tidak dikenal computer sebab accent saya yg berlainan dgn accent orang lain dlm bhs Inggris. Dan computer bisa mengerti/mempelajari kata2 saya yg salah. Jadi yg berguna utk membuat tulisan yg benar dari accent saya. Jadi dgn bantuan AI , kita tidak perlu secretary/pengetik report lagi.

Apa yg ada di Youtube dan cerita saya, itu saya sebagian kecil dari penggunaan AI. AI sekarang bisa membaca  dan membuat report x-ray, CT scan dan MRI report seperti akhli radiologi.

https://www.youtube.com/watch?v=TwBHhClTJ8Q

BH Jo

---
此電子郵件已由 AVG 檢查病毒。