Berita Politik

La Nyalla Mengaku Sebar Isu Jokowi PKI, Kristen dan China
CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 15:15 WIBBagikan :    La Nyalla yang
mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019, mengaku telah meminta maaf karena pernah
sebar isu buruk atas presiden petahana tersebut. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki
Saputra)Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Partai Bulan Bintang (PBB), La
Nyalla Mahmud Mattalittimengakui dirinya menyebarkan fitnah bahwa Presiden RI
Joko Widodo (Jokowi) merupakan anggota Partai Komunis Indonesia (PKI), pemeluk
agama Kristen, maupun keturunan China.

Hal itu ia sampaikan karena mengaku risau terhadap isu-isu miring yang
diarahkan kepada Jokowi pada Pilpres 2019 kali ini.

"Pertama kali saya begitu mau mendukung Pak Jokowi. Saya datang ke beliau, saya
minta maaf, bahwa saya yang isukan pak Jokowi PKI. Saya yang fitnah pak Jokowi
Kristen, China," kata La Nyalla saat ditemui di kediaman Ma'ruf, Jalan
Situbondo, Menteng, Jakarta, Selasa (11/10).

Lihat juga:
 La Nyalla: Potong Leher Saya Kalau Prabowo Menang di Madura |

Mantan politikus Gerindra itu saat ini diketahui telah mendukung paslon nomor
urut 01 dalam Pilpres 2019, Jokowi-Ma'ruf Amin. Dalam dunia politik, karier La
Nyalla bersama Gerindra padam setelah ia mundur pascagagal mencalonkan diri
dalam Pilgub Jatim 2018. Kala itu, La Nyalla pun ikut meributkan soal mahar
untuk menjadi cagub jagoan Gerindra di Jatim.

Di kediaman Ma'ruf, La Nyalla pun mengaku dirinya turut menyebarkan tabloid
Obor Rakyat di wilayah Jawa Timur dan Madura yang marak di Pilpres 2014 lalu.

Tabloid Obor Rakyat sendiri terbit pertama kali pada Mei 2014 dengan judul
'Capres Boneka' dengan cover utama karikatur Jokowi sedang mencium tangan
Megawati Soekarnoputri. Majalah itu pula yang menyebut Jokowi sebagai keturunan
Tionghoa dan kaki tangan asing.

Meski demikian, La Nyalla mengaku telah meminta maaf langsung kepada Jokowi
beberapa waktu lalu dan bersedia untuk mendukungnya di Pilpres

"Akhirnya saya datang ke beliau dan sampaikan, saya mau minta maaf tiga kali.
Alhamdullilah dimaafkan, ya sudah," kata mantan Ketua Umum PSSI tersebut..

| Presiden Joko Widodo mengaku kerap difitnah punya kaitan dengan PKI. (CNN
Indonesia/Christie Stefanie) |

Lihat juga:
 Jokowi soal Spanduk #JokowiBersamaPKI: Sabar, Sabar, Sabar |

Tak hanya itu, La Nyalla mengatakan dirinya kini mengenal Jokowi sebagai
seseorang muslim yang taat beribadah dalam kesehariannya. Ia pun
mengklarifikasi dengan tegas bahwa Jokowi bukanlah seorang PKI ataupun Kristen
seperti yang ia tuduhkan dulu.

"Karena saya bukan oposisi, waktu itu wajar saya bilang gitu karena oposisi..
Oposisi kan apa aja dihajar lawannya, karena sekarang saya bukan oposisi, saya
harus tobat," kata dia.

La Nyalla mengaku heran apabila banyak orang yang masih percaya terhadap isu
Jokowi merupakan PKI dan keturunan Cina. Ia lantas menegaskan bahwa orang
tersebut bodoh karena sudah gelap mata dalam melihat kenyataan yang sebenarnya.

"Kalau orang percaya itu saya anggap orang bodoh aja, saya anggap dia pertama
dia masih cinta pada calonnya dia, kan kalau kita sudah gelap mata ya sudah
ditutup (matanya)," kata La Nyalla.

Lihat juga:
 Blak-blakan Jokowi Jawab Fitnah Asing-Aseng hingga PKI |

Tonton juga video: La Nyalla Bela Jokowi, Sudutkan Prabowo

(rzr/kid)