Betul, ada dari sawit, batubara, pariwisata dll.

Pernyataan JK tahun 2006 tentang lunas IMF ini
sebenarnya menjelaskan pernyataannya hari Jumat
kemarin (11/1) tentang bunga utang 98 yang
masih harus dibayar.

Nah, semua orang jelas tahu "bantuan" IMF 98
sudah dikembalikan. Jadi, utang krisis 98 mana lagi
yang masih tersisa selain skandal BLBI yang
membengkak sampai lebih Rp 2000 triliun lantaran
digondol anjing.
Sepertinya JK memang lagi nyentil Mega.
 --- ilmesengero@... wrote:
Saya kira cadangan devisa NKRI bukan semata-mata hasil pendapatan sendiri
tetapi juga ditambah dengan hutang luarnegeri dalam valuta dollar. Benarkah
demikian?
Here are the countries with reserves of more than $100 billion as of December
2017:

| Country | Reserves (in billions) | Exports |
| China |  $3,236.0 |  Consumer products, parts. |
| Japan |  $1,264.0  |  Auto, parts, consumer products. |
| European Union  |    $740.9 (2014) |  Machinery, equipment, autos. |
| Switzerland |    $811.2  |  Financial services. |
| Saudi Arabia |    $496.4 |  Oil. Hurt by low prices. |
| Taiwan |    $456.7 |  Machinery, electronics. |
| Russia |    $432.7 |  Natural gas, oil. Hurt by sanctions |
| Hong Kong |    $431.4 |  Electrical machinery, apparel. |
| India |    $409.8 |  Tech, outsourcing. |
| South Korea   |    $389.2 |  Electronics. |
| Brazil |    $374.0 |  Oil, commodities. |
| Singapore |    $279.9 |  Consumer electronics, tech. |
| Thailand |    $202.6 |  Electronics, food. |
| Germany |    $200.1 |  Autos. |
| Mexico |    $175.3 |  Oil.  |
| France |    $156.4 |  Machinery, aircraft. |
| Italy |    $151.2 |  Engineered products, apparel. |
| United Kingdom |    $150.8 |  Manufactured goods, chemicals. |
| Czech Republic |    $148.0 |  Autos, machinery. |
| Indonesia |    $130.2 |  Oil, palm oil. |
| United States |    $123.3 |  Aircraft, industrial machines.. |
| Iran |    $120.6 |  Oil due to nuclear deal. |
| Poland |    $113.3 |  Machines, iron, and steel. |
| Israel |    $113.0 |  Aviation, high tech. |
| Turkey |    $107.7 |  Auto, apparel. |
| Malaysia |    $102.4 | Semiconductors, palm oil. |

Source: CIA World Factbook, "Reserves of Foreign Exchange and Gold."