Wah, belum selesai , terkirim
Begitu juga : 1/1x2 + 1/2x3 + 1/3x4 = 6/12 + 2/12 + 1/12 = 9/12 = 3/4, juga
hasil pembagian
dua angka terakhir.
Jadi kalau ditanya sampai deret terakhir .............+ 1/ 2000 x 2001 ,
jawabannya = 2000/2001
Pertanyaan dua log 3 = x , mungkin dijelaskan dari log 3/log 2 = 5
32 log 9 = log 9/log 32 = 2log 3 dibagi 5 log2 =  jadi 2/5 dari log3/log 2
= 2/5 (X).
Yang hebat sudah diajarkan perhitungan dengan matrix. Jaman saya dulu,
matrix baru diajarkan di Matematika II,
semester dua tahun pertama di bagian Kimia Teknik ITB.
Ya, pelajaran Matematika berubah  terus.
Jaman saya ujian SMA, ujiannya selain Aljabar, ilmu ukur sudut, juga ilmu
ukur ruang dan BM  dan semua masih hitung
dengan daftar logaritma.
Jaman di ITB, baru diajarkan differential, integral, sedangkan itu sudah
diajarkan di VWO jaman anak saya.
Di ITB kami menghitung masih dengan mistar hitung. Di jaman anak sudah
dengan calculator.
Setahun kemudian, jaman menantu, sudah tidak perlu susah-susah ngitung
untuk differential, integral, bisa keluar
sendiri hasilnya dari grafis.
Jaman anak saya sudah tidak ada BM, tetapi ilmu ukur analitik.