----- Pesan yang Diteruskan ----- Dari: ChanCT sa...@netvigator.com
[GELORA45] <GELORA45@yahoogroups.com>Kepada: GELORA_In
<GELORA45@yahoogroups.com>Terkirim: Selasa, 3 September 2019 05.44.34
GMT+2Judul: [GELORA45] Pemimpin Hong Kong Terpikir untuk Mundur demi Redam
Gejolak

Pemimpin Hong Kong Terpikir untuk Mundur demi Redam Gejolak
 CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 10:04 WIB Bagikan :     Pemimpin Hong Kong,
Carrie Lam, menyatakan terpikir untuk mundur jika dianggap keputusan itu adalah
yang terbaik untuk mengakhiri gelombang demonstrasi. (AFP Photo/Anthony
Wallace)     Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam,
menyatakan terpikir untuk mengundurkan diri jika dianggap keputusan itu adalah
yang terbaik untuk mengakhiri demonstrasi yang terjadi selama tiga bulan
belakangan. Dia juga mengaku merasa bersalah karena telah memantik kekacauan di
kalangan rakyat yang dipimpinnya.

 "Jika saya punya pilihan, hal pertama yang saya lakukan adalah mengundurkan
diri, dan menyampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya," kata Lam dalam
rekaman pada rapat tertutup, seperti dilansir Reuters, Selasa (3/9).

 Pidato Lam selama setengah jam dalam rapat tertutup itu berhasil direkam.
Menurut juru bicaranya, Lam memang melakukan dua pertemuan tertutup dengan para
pengusaha pekan lalu.

 "Kami tidak dalam posisi untuk mengomentari pernyataan Kepala Eksekutif dalam
kegiatan itu," demikian pernyataan juru bicara Lam.

Lihat juga:
  Pedemo Hong Kong Kepung Stasiun MRT Buat Jadwal Kereta Kacau  |

 Dalam rekaman itu, Lam juga menyinggung soal situasi Hong Kong yang kini
sedang dibahas oleh pemerintah China. Menurut dia, ruang yang diberikan
kepadanya untuk menentukan sikap terkait polemik Hong Kong sangat terbatas.

 "Ruang manuver politik yang diberikan kepada Kepala Eksekutif, yang sangat
disayangkan harus melayani dua pihak berdasarkan konstitusi yakni pemerintah
China dan rakyat Hong Kong, sangat terbatas," ujar Lam.

 "Kepala Eksekutif yang membuat situasi Hong Kong menjadi kacau sangat tidak
bisa dimaafkan," kata Lam.

 Lam juga menyatakan sampai saat ini pemerintah China sama sekali belum
memutuskan mengirimkan tentara ke Hong Kong. Dia meyakini jika hal itu terjadi
maka akan sangat merusak citra China yang susah payah dibangun sejak lama.

 Apalagi kini China dan Hong Kong adalah dua pusat ekonomi dunia. Dia khawatir
jika China nekat campur tangan langsung dalam urusan Hong Kong, maka menjadi
celah bagi seterunya untuk menyerang balik, terutama Amerika Serikat yang kini
tengah terlibat perang dagang dengan Tiongkok.

Lihat juga:
  Belasan Penerbangan Dibatalkan Imbas Demo di Hong Kong  |

 "Mereka paham harga yang harus dibayar sangat besar," ucap Lam.

 Tak Bebas Bergerak

 Lam juga mengeluh gejolak yang terjadi di Hong Kong sangat mempengaruhi
kehidupan pribadinya. Dia juga menyatakan sangat sedih tidak bisa menawarkan
solusi untuk meredakan ketegangan itu.

 "Saat ini sangat sulit bagi saya untuk keluar rumah. Saya tidak pernah
berjalan kaki, atau belanja di mal, tidak bisa pergi ke salon. Saya tidak bisa
ke mana-mana karena keberadaan saya akan cepat tersebar di media sosial," ujar
Lam.

 Bahkan Lam menyatakan jika dia nekat menampakkan diri di keramaian, maka dalam
waktu singkat bakal dikerubungi oleh para aktivis berbaju hitam. Pakaian itu
menjadi simbol para demonstran saat berunjuk rasa dalam tiga bulan belakangan.

 Badan China Urusan Macau dan Hong Kong tidak memberikan komentar soal
pernyataan Lam.

 Hong Kong telah mengalami berbagai unjuk rasa yang dipimpin kelompok muda
selama dua bulan berturut-turut yang selalu berakhir ricuh dengan kepolisian.
Pergolakan tahun ini dipicu pembahasan Rancangan Undang-Undang Ekstradisi.

 RUU Ekstradisi memungkinkan pemerintah China memulangkan dan membawa pelaku
kejahatan untuk diadili di kawasan daratan. Namun, kelompok pro demokrasi Hong
Kong khawatir hal itu bakal dipakai untuk menjerat dan membungkam para aktivis
setempat. (ayp/ayp)

|  | 不含病毒。www.avg.com  |

  • [GELORA45] Pemimpin Hong ... ChanCT sa...@netvigator.com [GELORA45]
    • Fw: [GELORA45] Pemim... Chalik Hamid chalik.ha...@yahoo.co.id [GELORA45]