REFLEKSI : NEOLIBERALISME SUDAH RUNTUH.

Jika kita ingin memahami apa yang akan terjadi, maka kita harus melihat masalah
struktural dari kapitalisme neoliberal, yang terus mengusahakan off-shore,
seperti misalnya perusahaan multi gigant dunia sekelas Shell, meskipun sampai
sekarang  keberhasilan konsep mereka itu belum terlaksana, dan bahkan tidak
akan berhsil.

Dalam konteks ini saya berpendapat, bahwa ketidak berhasilam mereka itu tidak
dapat dipandang secara terpisah dari penomena keruntuhan Neoliberal, yang
nampak jelas pada suatu peristiwa 15 Sebtember 2008, yaitu runtuhnya Bank
investasi (Investmenbank), di New York. Kemerosotan itu tercrmin dalam, sebuah
laporannya tentang penutupan 600 gerai (filiale) Starbucks; Yang mencerminkan
adanya tekanan dalam sistem keuangan global, yang sudah lama dilaporkan, bahwa
akan terjadi keruntuhan bank besar. Yang dampaknya akan menyebabkan merosotnya
Immobilionmark (real astate) yang terjadi di Amerika mencapai titik terrendah.
Keadaan seperti itu tercermin dalam harga rumah, yang ditawarkan seharga $
8.000 dalam bentuk tunai. Keadaan seperti itu telah memberi kesan kuat bahwa
kapitalisme dalam bentuknya yang sekarang ini, yaitu kapitalisme neoliberal
akan menghancurkan dirinya sendiri.

Ketika sistem keuangan global runtuh pada tahun itu, maka penyebab yang jelas
secara cepat dapat ditemukan, yaitu : Karena adanya utang yang disembunyikan
dalam "keamanan sekuritas yang dinilai palsu``, yang  diatur oleh **perusahaan
lepas pantai** (offshore financial centre, disingkat OFC), setelah terjadinya
ledakan 2008 disebut sebagai ``sistem perbankan bayangan``. Dan ketika
pemburuan para pelaku dimulai, kita menyadari bahwa tingkat kejahatan itu telah
menjadi hal biasa dalam sistem neoliberal, yang dampaknysa adalah menuju pada
terjadinya krisis.

Cacatan : (** perusahaan lepas pantai tidak mengenal pajak dan aturan lain.
Oleh kjarena itu perusahaan lepas pantai disebutkan sebagai Tax Haven atau
sorga bagi orang yang tidak mau bayar pajak. Jadi jelas bahwa perusahaan lepas
pantai (offshore financial centre, disingkat OFC),  tidak akan menguntungkan
hihak pemerintah Indonesia.

Di bidang eksplorasi dan produksi, ``Onshore``daratan mengacu pada pengembangan
ladang minyak, simpanan gas, dan energi panas bumi di darat. Jadi bisa
dipercaya bahwa  Onshore di Indonesia akan membawakan nilai tambah yang
substansial bagi Indonesia, artinya akan menguntungkan perekonomian RI,
khususnya di wilayah Blok Masela.

Mungkin ada orang yang mengatakan bahwa terjadinya krisis ekonomi di Indonesia
itu di sebenarnya adalah : Karena kita semua duduk di pesawat terbang yang
sistem navigasinya gagal (penerbangan buta). Alasan penerbangan buta bukan
merupakan model dari krisis ekonomi neoliberal. Krisis ekonomi di Indonesia
tidak dapat dipandang secara terpisah dari krisis neoliberal, karena rezim
penguasa Indonesia era ``reformasi`` ini telah keblinger, sehingga terjebak
dalam sistem ekonomi neoliberal. Apa lagi jika kita tidak setuju dengan semua
ideologi neoliberal; dan menuntut sistem ekonomi Pancasila, yang berdasarkan
pada Pasal 33 UUD 45.

Akhir cerita, mereka  para mendukung simtem ekokonomi neoliberal mengatakan
bahwa dunia itu datar, dan kapitalisme  berjalan lancar.

Roeslan