Penipuan Berkedok Investasi

Salut kepada para penipu yang "niat banget" dengan segala cara
mencoba untuk menjadi kaya dengan iming-iming memberi rejeki ataupun
investasi. Apa yang ingin gue ceritakan disini bukan hal baru,
bahkan sejak kelas 2 SMP gue udah pernah ditawarin ikutan
program "penipuan" serupa. Ceritanya begini : hari ini gue nemu
sebuah selebaran di ATM mandiri yang diberi judul : "Program
Investasi Menabung di Bank Mandiri" . Selebaran itu ga bisa dibilang
selebaran karena terdiri dari 3 lembar dengan tulisan bolak balik
(jadi total 6 halaman).

Halaman 1 berisi 2 buah kesaksian 2o rang yang telah mengikuti
program ini dan telah sukses menjadi "kaya". Pada bagian bawah
halaman ini ditegaskan bahwa program ini bukan rekayasa ataupun
penipuan, katanya : Buat apa menipu kalau hanya 60 ribu saja?

Halaman 2 berisi langkah yang perlu dilakukan untuk mengikuti
program ini termasuk harus pake rekening mandiri supaya bebas biaya
transfer via atm. Di halaman ini juga diberi ilustrasi kekayaan yang
bisa diperoleh dengan pencapaian keberhasilan 25% dari program ini.
Programnya persis MLM, bedanya disini ga ada produk, yang ada hanya
duit yang di transfer via ATM.

Halaman 3 berisi penegasan kembali bahwa program bukan penipuan,
iming-iming jika keberhasilan hanya 15% pun masih bisa dapat ratusan
juta rupiah, sedikit nasehat untuk bersabar dan jangan menipu
(disini ceritanya ada masalah urutan, jadi ga boleh nipu urutan
katanya) dan juga meyakinkan dengan keuntungan tambahan :"berhak
mengikuti undian fiesta mandiri". Sekilas seolah-olah program ini
resmi dari Mandiri.

Halaman 4 Fotokopi dari bukti transfer kepada 4 orang yang di
transfer masing-masing 15 rebu rupiah. Bukti fotokopi ini agak
kurang meyakinkan karena walaupun sudah di rancang dengan beda waktu
pengiriman dan nomer transaksi, gue menemukan keganjilan, kalau
memang nomer transaksi berurut, kenapa mengirim ke 4 orang yang beda
1 menit ada beda nomer yang tidak teratur??? Dan lagi, pencetakan
nama pemilik rekening itu ada kesalahan cetak, yang mana gue yakinin
ATM tidak mungkin salah cetak nama, dannn gue belum pernah nemu nama
orang didunia ini yang berakhiran 3 huruf mati yang sama, misalnya
Yohanesss, dan anehnya ada 3 bukti transfer yang salah ketik,
berakhiran SSS, AAA,dan RRR (bukan nama keluarga pula).

Halaman 5a dituliskan nama 4 orang yang perlu gue kirimin masing-
masing 15 rebu seandainya gue mau ikutan program ini. Tapi anehnya,
nama keempat orang itu sama dengan yang di halaman 3, mestinya ada
satu nama yang gak ada karena udah digeser keatas. Di balik halaman
5a ada halaman 5b yang mestinya diisi dengan tulisan tangan, terus
difotokopi, digeser 1 orang, terus di nomor 4 ditambahin nama kita,
terus halaman ini akan jadi halaman 5a yang baru yang harus kita
sebarkan.

Nah yang aneh adalah kenapa di halaman 5a diisi pake ketikan
(tepatnya itu hasil print komputer) dan bukannya tulisan tangan, kan
nggak mungkin kita ngetik ulang (fontnya seragam dengan semua teks
di bagian depan, sangat mencurigakan).

Mbok ya kalo mau nipu itu hati-hati dan teliti. Kalo dilaporin bisa
ditangkep nggak ya orang2 itu? Setau gue program yang jaman gue smp
itu (yang walaupun masih mengirimkan secara manual tanpa atm online)
sudah di nyatakan sebagai judi, walaupun dulu namanya arisan
nasional. Jelas-jelas walaupun ada yang ngikutin dengan niat baik
dan dengan harapan bisa kaya walau sedikit, ya gue tetep ga suka
dengan orang-orang yang berusaha menipu 60rebu/orang yang akhirnya
bisa dapat lebih banyak dari orang yang ditipu itu.

Anyway, buat sang penipu kalau anda membaca blog saya ini, dengan
segala kerendahan hati saya bilang : bertobatlah dan kembalilah ke
jalan yang benar. Harta di dunia ini ga seberapa :p. Maaf saya tidak
menganggap penipuan anda ini sebagai niat baik anda menolong orang
susah. Anda hanya memperburuk dunia yang sudah buruk ini. (SUMBER:
compactbyte.com)

REKOMENDASI MILIS: