Kartu Amex Merugikan (Kliping SP)

Saya pemegang kartu kredit American Express (Amex) gold (No 3769
250627 XXXXX) telah dirugikan oleh pihak Amex pada saat mau menutup
kartu kredit (melunasi total tagihan). Kronologinya, pada tanggal 9
Februari 2004, melalui istri, saya menanyakan sisa saldo tagihan
kepada customer service Amex dan diinformasikan sisa saldo Rp
3.373.000 (tanpa diinformasikan saldo sejumlah itu adalah sebenarnya
balance sheet per tanggal 23 Januari 2004 -dalam hal ini pihak bank
tidak menginformasikan kondisi saldo yang sebenarnya). Pada 12
Februari saya transfer lewat ATM BCA Rp 3.373.000 (dengan asumsi
informasi dari Amex adalah saldo yang sebenarnya).

Tanggal 20 Februari, saya konfirmasi kepada customer service Amex
(Ibu Putri) untuk menutup kartu kredit dan menanyakan apakah masih
ada sisa saldo. Diinformasikan sisa saldo Rp 27.962 (lagi-lagi pihak
Bank Amex via customer service tak menginformasikan saldo yang
sebenarnya).

Dengan asumsi sisa saldo Rp 27.962, pada 24 Februari saya transfer
Rp 27.962 ke Amex, dengan harapan tanpa ada tagihan lagi. Namun,
tiba-tiba pada tanggal 3 Maret 2004 saya mendapat perincian tagihan
dan tagihan bunga sebesar Rp. 65.000. Saya berharap tidak lagi
mendapatkan tagihan bunga karena sudah membayar lunas tagihan kartu
kredit sesuai informasi dari pihak customer service Amex. Ternyata
impian saya tidak menjadi kenyataan. Yang mengecewakan dan merugikan
nasabah adalah pihak customer service tidak memberikan informasi
saldo yang sebenarnya pada saat nasabah menanyakan informasi saldo
saat itu. Tidak menginformasikan kalau transfer lewat ATM dikenakan
charge Rp 5.000 per transaksi. Dengan demikian, hal-hal ini
berakibat nasabah masih mendapatkan sisa tagihan dengan tambahan
beban bunga walaupun nasabah sudah menjalankan kewajibannya seperti
yang diinformasikan pihak customer service Amex.

Pada tanggal 3 Maret 2004, saya sudah coba komplain ke customer
service Amex via Ibu Windy dan diteruskan ke Ibu Putri. Dengan
diskusi yang panjang mereka mengakui bahwa informasi yang diberikan
kepada nasabah memang bukan informasi yang sebenarnya karena
disebabkan sistem mereka yang tidak mendukung dan nasabah tetap
diharuskan menanggung beban kerugian membayar bunga yang disebabkan
informasi yang salah oleh pihak Amex via customer service. Saya juga
pemegang kartu kredit bank asing lain yang ada di Indonesia dan tak
mengalami kejadian seperti itu ketika menutup kartu kredit. Customer
service bank bersangkutan menjamin bahwa sisa balance sheet yang
ditanyakan nasabah adalah current balance yang sebenarnya dan juga
mengingatkan untuk menambahkan biaya Rp 5.000 jika transfer lewat
ATM. Wiryawan Satriyo Villa Jakasetia Blok L2, Bekasi

SUMBER: Kompas
Jumat, 16 April 2004

REKOMENDASI MILIS: