Nilai Tukar Dollar Asuransi (Kliping SP)

Saya pemegang polis Asuransi Bumi Asih Jaya (No A-184308/AGT-A) dan
telah menjadi anggota sejak 1 April 1992 dengan nilai pertanggungan
sebesar 2.500 dollar AS dan kewajiban premi tahunan sebesar 262,5
dollar AS. Sejak tahun 1992 sampai dengan 1998, saya membayar dengan
rate dollar AS penuh sesuai rate yang berlaku saat itu, namun
setelah terjadi krisis pada tahun 1998, ketika dollar AS mencapai
nilai tukar Rp 15.000, secara sepihak asuransi menetapkan premi
sebesar Rp 6.600. Akibatnya, pada tahun 1997, ketika saya menerima
pengembalian biaya uang pertanggungan I yang dibayarkan adalah
sebesar 500 x Rp 6.600 = Rp 3.300.000. Padahal, saat itu nilai
dollar selama lima tahun terakhir saya bayar sesuai nilai yang
berlaku. Saya dirugikan sebesar Rp 15.000 - Rp 6.600 = Rp 8.400 x
500 adalah sebesar Rp 4.400.000.

Begitu pula pada tahun 2002, pembayaran uang pertanggungan ke II,
sewaktu nilai dollar Rp 9.000, yang dibayarkan hanya 750 x Rp 6.600
= Rp 5.850.000, sehingga saya dirugikan Rp 1.650.000. Saat ini, saya
sudah tidak pernah dihubungi lagi, padahal jatuh tempo pembayaran
premi pada tanggal 1 April setiap tahun (biasanya yang datang Sdr
Mangapul Marbun). Pada tahun 2007, sesuai perjanjian (karena masa
kontrak selama 15 tahun akan berakhir pada 1 April 2007), saya akan
menerima uang pertanggungan ke II sebesar 1.250 dollar AS ditambah
pengembalian seluruh premi sebesar 2.500 dollar AS.

Saya mengimbau Departemen Keuangan selaku pembina lembaga asuransi
dapat membantu menyelesaikan hal ini supaya saya mendapatkan hak-hak
sesuai perjanjian. Kalau secara sepihak asuransi menetapkan
perubahan aturan semaunya, tentu pemegang polis yang posisinya lemah
akan dikorbankan dan ke depan akan menambah daftar ketidakpercayaan
masyarakat terhadap lembaga asuransi. M BUDHI P Pondok Bambu,
Jakarta Timur

SUMBER: Kompas
Minggu, 11 Januari 2004

REKOMENDASI MILIS: