Terkait dengan opini berjudul "Berpacaran Zaman Sekarang" yang
ditulis oleh Sdr. Sugiyanto (Kompas, 22/8-2006), perlu saya
sampaikan bahwa kerisauan yang sama mungkin juga dialami oleh hampir
semua orangtua yang memiliki anak remaja. Tapi, kemajuan teknologi
khususnya di bidang informasi, bukanlah hal yang perlu
dikambinghitamkan atas "keberanian" dan "kebebasan" remaja zaman
sekarang. Sama halnya dengan pisau, bisa digunakan sebagai alat
dapur bisa juga digunakan sebagai alat untuk melakukan kejahatan,
tergantung siapa yang menggunakannya. Begitupun halnya dengan
kemajuan teknologi, bisa diapakai untuk merusak, tapi juga bisa
dipakai untuk berbagai manfaat positif dalam berpagai hal termasuk
dalam hal berpacaran.

Ada satu buku bagus yang baru-baru ini saya belikan untuk keponakan
saya yang masih remaja dan ternyata sangat bermanfaat. Bahkan saya
pun membacanya hingga tuntas. Buku yang diterbitkan oleh Penerbit PT
Gramedia Pustaka Utama dengan judul 'Pacaran Sehat, Tip & Trik Buat
Remaja' ditulis oleh Rudy S.Pontoh dengan kata pengantar Yati Utoyo
Lubis (psikolog) dan testimoni oleh Zara Zettira ZR. Buku bergaya
bahasa remaja ini sarat dengan muatan psikologi berbobot yang
mengarahkan apa dan bagaimana sebaiknya berpacaran zaman sekarang
(termasuk penggunaan SMS, email, dan sebagainya). Setelah
membacanya, saya menjadi lebih paham berbagai hal seputar hubungan
pria dan wanita remaja. Dan yang lebih penting lagi, saya jadi lebih
mengerti bahwa kambing hitam atas "keberanian" dan "kebebasan"
remaja zaman sekarang bukanlah remaja itu sendiri, bukan pula
kemajuan teknologi, melainkan kita sebagai orang tua jika kita tidak
memberikan pembinaan yang baik kepada anak remaja kita.

Andri Purnama
Pondok Melati
Bekasi 17414

CATATAN: ditulis untuk sp KOMPAS
tapi dasar Kompas....nggak dimuat

REKOMENDASI MILIS:

TIPS PENCARIAN DI GOOGLE:  berhati-hatilah, hati-hati, hati-hatilah, waspada,
waspadalah, awas penipuan dan penodongan, asuransi, bank, investasi, jasa
pengiriman, pertolongan pertama, penipuan bisnis internet, penipuan email,
kejahatan, penodongan, pemerasan, keamanan, kesehatan dan penyakit, hipnotis,
tindakan, bencana, tempat belanja, bisnis jasa palsu, kehidupan keluarga,
jodoh, perkawinan, hobi dan keselamatan berkendaraan (mobil, motor, dll),
narkoba, makanan, perawatan bayi dan anak, resep masak berbahaya, transaksi
keuangan, kartu kredit, copet, modus dan teknik baru kejahatan, keselamatan,
daerah rawan, hak cipta, barang bajakan, hukum dan peraturan, hotel dan
restoran, produk merugikan untuk konsumen, tindakan pencegahan.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: