e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                         e-Santapan Harian
        Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
[...]

Tanggal: Kamis, 22 September 2016
Ayat SH: Yehezkiel 39:1-29

Judul: Jangan Remehkan Kekudusan Tuhan

Di tengah dunia yang serba canggih, tanpa sadar kita tidak lagi menganggap
serius reputasi, kekudusan, kuasa, dan otoritas Tuhan dalam tindakan dan
percakapan sehari-hari.

Dalam nubuat Yehezkiel, kita dapat melihat bahwa Tuhan tidak mengizinkan
kekudusan nama-Nya diremehkan oleh umat Israel maupun bangsa-bangsa asing.
(7). Nama-Nya yang kudus bukanlah hanya sebuah sebutan semata, melainkan
mewakili kuasa, otoritas, sifat, dan reputasi sebagai Pencipta alam
semesta. Bagi mereka yang melecehkan kekudusan-Nya, Ia akan menjatuhkan
hukuman yang mengerikan untuk menyatakan kemuliaan-Nya (8-13). Ia
mengaumkan firman-Nya melawan mereka yang meremehkan otoritas-Nya (1);
melumpuhkan tangan-tangan yang mencemarkan reputasi-Nya (2-3), merebahkan
mereka yang menodai kekudusan-Nya (4), menghanguskan mereka yang tinggal
aman tentram karena telah menajiskan nama-Nya (6). Semua ini dilakukan
Tuhan agar bangsa-bangsa mengetahui bahwa nama Allah Israel kudus adanya
dan tidak dapat dipermainkan oleh siapa pun dengan semena-mena (14-24).

Di sini kita melihat bahwa Allah Israel adalah Pribadi yang setia terhadap
ikatan perjanjian-Nya dengan leluhur Israel. Ikatan perjanjian itu
mengharuskan Allah bukan saja menghukum, tetapi juga memulihkan kondisi
moral dan rohani bangsa Israel yang telah bobrok. Dengan menundukkan
bangsa-bangsa, umat Allah akan mengakui bahwa TUHAN adalah Allah yang penuh
kasih setia (25-27). Ketika Israel dipulihkan, nama Allah akan ditinggikan
di tengah-tengah umat-Nya. Bangsa Israel akan melihat wajah Allah bersinar
atas mereka (28-29; bdk. Mzm. 80:20).

Dalam dunia yang selalu bergolak, hanya wajah Allah yang dapat memberikan
ketenangan. Ia setia pada perjanjian-Nya dan akan menyelamatkan serta
melindungi kita. Adakah tindakan dan perkataan Anda menodai nama-Nya yang
kudus? Biarlah kesadaran terhadap kekudusan nama Tuhan membakar segala
kecemaran hati kita. [SH]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/09/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+39:1-29
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+39:1-29

Yehezkiel 39:1-29

 1  Dan engkau, anak manusia, bernubuatlah melawan Gog dan katakanlah:
Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja
agung negeri Mesekh dan Tubal
 2  dan Aku akan menarik dan menuntun engkau dan Aku akan mendatangkan
engkau dari utara sekali dan membawa engkau ke gunung-gunung Israel.
 3  Aku akan memukul tangan kirimu sehingga busurmu jatuh dan membuat
panah-panahmu berjatuhan dari tangan kananmu.
 4  Di atas gunung-gunung Israel engkau akan rebah dengan seluruh bala
tentaramu beserta bangsa-bangsa yang menyertai engkau; dan engkau akan
Kuberikan kepada burung-burung buas dari segala jenis dan kepada
binatang-binatang buas menjadi makanannya.
 5  Engkau akan rebah di padang, sebab Aku yang mengatakannya, demikianlah
firman Tuhan ALLAH.
 6  Aku mendatangkan api ke atas Magog dan ke atas orang-orang yang diam di
daerah pesisir dengan aman tenteram, dan mereka akan mengetahui bahwa
Akulah TUHAN.
 7  Dan Aku akan menyatakan nama-Ku yang kudus di tengah-tengah umat-Ku
Israel dan Aku tidak lagi membiarkan nama-Ku yang kudus dinajiskan,
sehingga bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Yang Mahakudus
di Israel.
 8  Sungguh, pasti datang dan terjadi, yaitu hari yang sudah Kufirmankan.
 9  Dan yang diam di kota-kota Israel akan keluar dan menyalakan api serta
membakar semua perlengkapan senjata Gog, yaitu perisai kecil dan besar,
busur dan panah, tongkat pemukul dan tombak, dan mereka membakarnya selama
tujuh tahun.
10  Mereka tidak akan mengambil kayu dari hutan belukar atau membelah kayu
api di hutan-hutan, sebab mereka akan menyalakan api itu dengan
perlengkapan senjata itu. Mereka akan merampas orang-orang yang merampas
mereka dan menjarah orang-orang yang menjarah mereka, demikianlah firman
Tuhan ALLAH.
11  Maka pada hari itu Aku akan memberikan kepada Gog suatu tempat, di mana
ia akan dikubur di Israel, yaitu Lembah Penyeberangan di sebelah timur dari
laut dan kuburan itu akan menghalangi orang-orang yang menyeberang. Di sana
Gog akan dikubur dengan semua khalayak ramai yang mengikutinya dan tempat
itu akan disebut Lembah Khalayak Ramai Gog.
12  Kaum Israel akan mengubur mereka selama tujuh bulan dengan maksud
mentahirkan tanah itu.
13  Dan seluruh penduduk negeri turut menguburnya dan hal itu menjadikan
mereka kenamaan pada hari Aku menyatakan kemuliaan-Ku, demikianlah firman
Tuhan ALLAH.
14  Beberapa orang dikhususkan untuk terus-menerus menjelajahi seluruh
tanah itu untuk mengubur orang-orang yang masih bergelimpangan di atas
tanah dengan maksud mentahirkannya. Sesudah lewat yang tujuh bulan itu
mereka akan memeriksa tanah itu.
15  Kalau mereka menjelajahinya dan seorang menjumpai sepotong tulang
manusia, maka ia harus meletakkan batu di sampingnya sebagai tanda sampai
tukang-tukang kubur menguburkannya di Lembah khalayak Ramai Gog.
16  --Dan ada juga nama kota Hamona--.Dengan demikian mereka mentahirkan
tanah itu.
17  Dan engkau, anak manusia, beginilah firman Tuhan ALLAH: Katakanlah
kepada segala jenis burung-burung dan segala binatang buas: Berkumpullah
kamu dan datanglah, berhimpunlah kamu dari segala penjuru pada perjamuan
korban yang Kuadakan bagimu, yaitu suatu perjamuan korban yang besar di
atas gunung-gunung Israel; kamu akan makan daging dan minum darah.
18  Daging para pahlawan akan kamu makan dan darah para pemimpin dunia akan
kamu minum, mereka semuanya ibarat domba jantan, anak domba, kambing jantan
dan lembu jantan, ternak gemukan dari Basan.
19  Kamu akan makan lemak sampai kamu kenyang dan minum darah sampai kamu
menjadi mabuk pada perjamuan korban yang Kuadakan bagimu.
20  Kamu akan menjadi kenyang pada perjamuan-Ku dengan makanan: kuda dan
penunggangnya, pahlawan dan semua orang perang, demikianlah firman Tuhan
ALLAH.
21  Aku akan membuat kuasa kemuliaan-Ku berlaku atas bangsa-bangsa dan
mereka semua melihat hukuman yang akan Kujatuhkan dan melihat tangan-Ku
yang akan memukul mereka.
22  Dan kaum Israel akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allah mereka, mulai
hari itu dan seterusnya.
23  Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa karena kesalahannya kaum Israel
harus pergi ke dalam pembuangan, dan sebab mereka berobah setia terhadap
Aku, Aku menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka. Dan Aku menyerahkan
mereka ke dalam tangan lawan-lawannya dan mereka semuanya mati rebah oleh
pedang.
24  Selaras dengan kenajisan dan durhaka mereka Kuperlakukan mereka dan
Kusembunyikan wajah-Ku terhadap mereka.
25  Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Sekarang, Aku akan
memulihkan keadaan Yakub dan akan menyayangi seluruh kaum Israel dan
cemburu-Ku timbul untuk mempertahankan nama-Ku yang kudus.
26  Mereka akan melupakan noda mereka dan segala ketidaksetiaan mereka,
yang dilakukannya terhadap Aku, kalau mereka sudah diam kembali di tanah
mereka dengan aman tenteram dengan tidak dikejutkan oleh apapun,
27  dan kalau Aku sudah membawa mereka kembali dari tengah bangsa-bangsa
dan mengumpulkan mereka dari tanah musuh-musuh mereka dan pada saat Aku
menunjukkan kekudusan-Ku kepada mereka di hadapan bangsa-bangsa yang banyak.
28  Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allah mereka, yang
membawa mereka ke dalam pembuangan di tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan
mereka kembali di tanahnya dan Aku tidak membiarkan seorangpun dari padanya
tinggal di sana.
29  Aku tidak lagi menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, kalau Aku
mencurahkan Roh-Ku ke atas kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-santapan-har...@hub.xc.org

[...]
---

Anda terdaftar dalam i-kan-akar-santapan-harian sebagai
[arch...@mail-archive.com]
Untuk berhenti, silakan forward pesan ini ke
leave-5333241-4286987.8e117bcc5e94cfd59ad540bffaa39...@hub.xc.org

Kirim email ke