40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- KAMIS, 7 JUNI 2018

ORANG-ORANG GIPSI DOM

Saya bertemu "Tara" di tenda kaum Gipsi Dom saat dia berusia dua belas tahun.
Pada pertemuan pertama kami, dia bertanya kepada saya, "Apakah Anda berdoa?"
dan saya menganggap dia sebagai orang yang menjunjung tinggi iman. Awalnya, ada
penolakan terhadap hal-hal yang menyinggung salib, tetapi ketika dia membaca
tentang kisah kematian dan kebangkitan Yesus, dia berkata, "Saya ingin menjadi
murid Yesus." Dia punya banyak pertanyaan, tetapi kami dengan sabar menanti
buah iman yang pertama setelah bertahun-tahun berdoa dan bekerja. -- Tulisan
seorang pekerja di Timur Tengah.

Tara hanyalah satu dari tiga juta orang Dom yang tinggal di Timur Tengah,
seperti Irak, Suriah, Yordania, Lebanon, Israel, dan Palestina. Lebih dikenal
sebagai "Gipsi", orang-orang Dom berasal dari India Utara. Mereka berbicara
dalam bahasa Domari dan bahasa lokal, seperti bahasa Arab.

Selama berabad-abad, orang Domari telah dikecualikan secara sosial dan memilih
untuk menyembunyikan identitas mereka karena citra buruk mereka terkait dengan
tindakan mengemis atau mencuri. Karena hidupnya yang nomaden dan miskin,
pendidikan tidak mudah diakses dan tingkat serapan tenaga kerja rendah,
walaupun banyak orang Dom adalah pandai besi berbakat dan pemusik hebat.
Kondisi hidup yang buruk juga menyebabkan penyakit meluas di antara mereka.
Banyak budaya Gipsi mengakui simbol roda, yang menggambarkan gaya hidup nomaden
dan, bagi sebagian orang, mencerminkan lingkaran kemiskinan yang mereka
terjebak di dalamnya.

Orang Dom telah mengadopsi agama utama di tempat mereka tinggal, dan banyak
yang berasal dari latar belakang Muslim. Namun, ini bercampur dengan takhayul
dan dongeng rakyat. Tindakan-tindakan kasih di antara kelompok yang belum
terjangkau ini mulai membuka pintu bagi Injil.

Berdoa untuk mereka

- Orang Dom memiliki banyak kebutuhan lahiriah -- untuk memperbaiki kondisi
kehidupan, pemeliharaan kesehatan, pendidikan, dan kesempatan kerja yang lebih
baik.

- Berdoa supaya lebih banyak lagi usaha untuk membantu Dom berkembang di
tempat-tempat yang mereka tinggali.

- Anda mungkin memperhatikan bahwa kami telah menampilkan orang Dom selama dua
tahun berturut-turut dalam panduan doa ini! Hal ini dikarenakan usaha para
pekerja lapangan yang antusias melayani di antara mereka. Berdoalah untuk tim
ini!

Kontak: doa(at)sabda.org
Berlangganan: subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/40hari
(c) 2018 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"

Kirim email ke