Sekedar info:
Berikut ini kutipan dari Suara Merdeka Semarang.

---------

Tanah di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Windusari,
Kabupaten Magelang, retak. Garis retakan memanjang,
menembus dinding rumah milik Sumarlan dan Parlan,
sehingga mengakibatkan rumah tersebut rusak.

Tanah yang retak di desa yang terletak di lereng timur
Gunung Sumbing itu ada tiga lokasi. Semuanya garis
retakan memanjang dari arah berat ke timur. ''Retaknya
tanah itu, diketahui bersamaan dengan persediaan air
di belakang rumah yang mendadak habis,'' kata Parlan,
Senin (25/11).

Panjang retakan ratusan meter. Setelah rumah Parlan,
menembus rumah Sumarlan, Busro dan Dawam. Di tengah
pemukiman penduduk Kembangkuning juga terjadi retakan
tanah yang lebih besar. Sebuah tiang listrik di depan
rumah Muh Juri nyaris roboh, akibat tanah untuk menam
tiang tadi, retak.

Tanah di seberang Jalan Raya bandongan-Windusari juga
retak. Yang menjaid korban, rumah Yoso. Pondasi ruang
dapur rumahnya terputus, diterjang retakan tanah.

Camat Windusari, Agus Subroto SSos, mengemukakan,
upaya penduduk Kembang Kuning mengatasi tanah retak,
yakni dengan mengurug tanah sampai padat. Kondisi
tanah di situ memang gembur dan warnanya memerah.

Menurut rencana, Tim dari Fakultas Teknik Geologi UGM
Yogyakarta akan melakukan penelitian di lokasi Kembang
Kuning.

-------

Salam,
WBS