Wah, Kang Witan buka-buka kartu, membeberkan isi dapur orang,... atau hal2 demikian
memang sudah wajar dan menjadi praktek umum hampir seluruh PSC di Indonesia ?

Tadinya saya termaksuk orang yang positif bahwa kondisi akan menjadi lebih baik dengan
dibentuknya BP Migas, seperti proses yang sudah dijelaskan oleh Uda Redesmon mengenai
rambu2 bagi maksuk dan terlibatnya expat dalam operasi migas di Indonesia.  Meskipun
ada negatif list, tapi kalau kita lihat kenyataan-nya expat tertentu menjadi "kutu
loncat" alias posisinya berubah setiap beberapa tahun, sehingga terhindar dari
ketentuan dari Depnaker tsb.  Posisi yang seharusnya bisa di-isi oleh orang Indonesia
tidak terjadi, malah sebaliknya, terjadi bulenisasi posisi2 yang sudah dipegang oleh
orang Indonesia.

Yang paling menyedihkan, penurunan produksi dengan sengaja untuk mengidari DMO dan
terjadi MAT- Mutually Agreed Termination, terhadap rekan2 kita yang tidak lagi Mutual,
tapi setengah pemaksaan ditengah2 sulitnya mencari pekerjaan dan situasi ekonomi yang
tidak menentu. Yang minta MAT tidak dikasih, tapi yang tidak minta malah dipaksa untuk
menerima. Kalaulah ini terjadi karena aktifitas perusahaan menurun demi "cost cutting"
mungkin dapat dimengerti, tapi kalau disisi lain, jumlah expat semakin banyak, sudah
mulai bekerja di Indonesia meskipun tidak punya izin/ belum keluar, malah uang
pesangon pensiun beberapa expat yang hanya bekerja di Indonesia beberapa tahun saja
dari seluruh karirnya, juga dapat di cost recovery,.. ini agak sulit untuk dicerna.

Tapi rupanya praktek ini sudah umum dilakukan oleh berbagai PSC di Indonesia.  Kalau
sudah begini, saya kembali bertanya-tanya,.. jangan2 sinyalmen Pak Ruslan ada
benarnya,... "kita dijajah Belanda karena bodoh". Bagaimana dengan statement Minarwan,
masalah mental atau sistim PSC itu sendiri ? Pertanyaan saya: Mustikah kita mendewakan
investor ? sehingga apapun yang mereka minta pasti dikabulkan dan kecurangan
dibiarkan. Mungkin sudah saatnya kita bercermin diri, dan mungkin kita perlu belajar
dari Cina, bagaimana cara mereka menarik investor, termaksud bagaimana mereka
membangun industri Migas mereka,...
wass.

Bambang Istadi
ConocoPhillips Inc.