Kanggo Abah nu hilap deui ka Gua Pawon:

Gua Pawon kira-kira berada pada Km-25 ke arah Cianjur dari
Bandung pada Perbukitan Batugamping Citatah Rajamandala.
Sekarang ada pangkalan ojek, bisa naik ojek Rp. 3000 di antar
langsung ke depan gua. Kalau bawa mobil sendiri hanya sekitar 5
menit dari pangkalan ojek tsb.

Disebut Gua Pawon (dapur)...menurut cerita penduduk ada kaitannya
dengan persiapan perkawinan Sangkuriang dan Dayang Sumbi dalam
Legenda Tangkuban Perahu. Menurut sesepuh di sana, rencananya
Sangkuring dan Dayangsumbi akan dinikahkan di Gunung Masigit
(Masjid). Di sekitar masjid sudah siap menyambut hajatan: beras di
G. Pabeasan, lumbungnya di Pr. Leuit, kompor di G. Hawu,
pelaminan di Karang Panganten, dapurnya yang di Bukit Pawon.
Seperti kita tahu perkawinan tsb gagal, Sangkuriang marah,
menendang perahu hingga nangkub, juga menendang persiapan pesta
hingga sisa-sisa makanan (bukur) berserekan di Kali Cibukur yang
sekarang mengalir di depan gua Pawon.

Nah begitu Abah, dongeng sebelum bobo...

Salam,
BB

On 3 Jun 2003, at 9:32, Yanto R. Sumantri wrote:

> Bang Lambok
>
> Sorry saya tidak bisa ke Bdg , kumaha sukses ?
> Lupa lagi , dimana nya ari Gua Pawon teh ?
> Kenapa disebut Pawon  (atawa dapur) ?
>
> Trims
>

> Si Abah

> Komisi Sedimentologi (FOSI) : F. Hasan Sidi([EMAIL PROTECTED])-http://fosi.iagi.or.id
> Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi([EMAIL PROTECTED])
> Komisi Karst : Hanang Samodra([EMAIL PROTECTED])
> Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo([EMAIL PROTECTED])
> Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau [EMAIL PROTECTED]), Arif
> [...]
[EMAIL PROTECTED])