Kalau hemat saya kereta adalah salah satu sarana transportasi yang efisien,
bisa mengangkut banyak, massal, cukup murah dan juga relatif cepat. Kalau masalahnya
belum banyak penduduk ya ini kan salah satu cara menggerakkan ekonomi masyarakat di
daerah-daerah yang sulit aksesnya.  Memang perlu penelitian yang  yang komprehensif
sebelum
mengembangkan jalur baru KA.

Dengan tersedianya jalur-jalur kereta api, mungkin akan banyak membantu industri
pertambangan
di daerah-daerah seperti penambangan batubara, galian C dsbnya,

Kelihatannya jalan raya lebih cocok kalau dibangun di daerah yang berbukit-bukit
atau gunung-gunung seperti trans irian  ....wamena - jayapura - dsbnya sedangkan
kereta di daerah
sepanjang pantai atau daerah dataran.

Kalau sungai-sungai Kalimantan terutama Barito itu rasanya tidak setiap waktu bisa
dipakai untuk
transportasi. Dalam setahun sekitar 3 bulanan sulit dipergunakan karena surutnya air
sungai

rahmat