Mengenahi CBM ini ada peraturan Mentamben tgl.18 September 1998 yang
implemantasinya  kurang lebih sbb :
- CBM adalah produksampingan dari proses pembentukan batubara,merupakan gas
methan yg terperangkap dalam lapisan batubara.
- Semua peraturan dan regulasi pertambangan migas berlaku sebagai landasan
hukum untuk pengembangan
- Administrasi, managemen dan supervisi pengembangan dilakukan oleh Dirjen
Migas.
Kemudian dalam Kebijakan Energi Nasional ( KEN 2003-2020) CBM ini
dikelompokan sebagai sumber energi Baru yg antara lain termasuk didalamnya
oil shale, coal liquifaction,coal gasification,dimethyl ether (DME) yang
harus dikembangkan secara intensif sampai tahap komersiel, disamping itu
perlu dilakukan alih teknologi dari negara yang telah melakukan pemanfaatan
secara komersiel disesuaikan dengan kondisi setempat.
Selama ini sumber energi primer lansung saja diekspor ( termasuk juga hasil
hutan / kayu glondongan), padahal seperti batubara misalnya dapat dilakukan
prosesing yang menghasilkan sumber energi sekunder yang nilai tambahnya bisa
berlipat lipat.
Potensi CBM ini yang besar ada di Sumatera selatan dan Kaltim - Kalsel, lha
kalau dua daerah tersebut sekarang ini  dieksploitasi besar besaran
batubaranya , apa ya akan dibiarkan  CBM nya menguap begitu saja . Mungkin
energi energi baru tsb saat ini masih tinggi biaya produksinya, namun dimasa
datang (mungkin tdk lama lagi ) sudah ekonomis untuk diproduksi, Begitu
sudah mencapai nilai ekonomisnya, jangan jangan  sumber sumber energi
primernya sudah habis., jadi ya tetep saja tidak bisa memproduksi./
memanfaatkan.
Di beberapa industri pengecoran logam di Jawa tengah ( salah satunya di
Ceper Klaten) saat ini memerlukan puluhan ton Kokas per bulannya, dan
ironisnya ternyata semuanya dipenuhi dari produk impor dengan harga saat ini
yg melambung  kurang lebih sudah mencapai 6000 Rp/Kg. padahal harga
batubaranya tidak lebih dari 500 Rp./ Kg dan celakanya teknologi kokas ini
tidak memerlukan teknologi yg canggih. Jadi kita mengekpor batubara kemudian
mengimpornya lagi ( dalam bentuk kokas) dg harga yang sudah lebih dari 1000
% nya.

ISM

Sebayang([EMAIL PROTECTED])-http://fosi.iagi.or.id
> Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi([EMAIL PROTECTED])
> Komisi Karst : Hanang Samodra([EMAIL PROTECTED])
> Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo([EMAIL PROTECTED])
> Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau
[EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius([EMAIL PROTECTED])