Meskipun agak terlambat saya akan menanggapi komentar Mr. Batara dan Abah yang terkait dengan decaket, beberapa hari yang lalu.

Mr. Bat dan juga yang lainnya mungkin salah mengerti mengenai definisi organisasi profesi dan kenapa kita berkumpul bersama. IAGI = Ikatan AHLI Geologi Indonesia, sudah jelas terlihat dari nama saja, dimana seharusnya yang menjadi anggotanya adalah ahli geologi bukan ahli mesin atau masak. Jadi tujuan pertama adalah menjadi organisasi terhormat pada bidang geologi. Itu sudah seharusnya menjadi tujuan, dimana ini dapat berguna buat anggotanya maupun masyarakat lokal kalau bisa international. Betul lembaga penelitian dan universitas yang akan mengembangkan teknologi dll, tapi IAGI bisa mengambil manfaatnya dengan memberikan sarana buat mereka2 tersebut untuk menyampaikan ilmu atau temuannya. Malahan dari situ IAGI juga bisa ngumpulin duit yang banyak, karena menciptakan publikasi2 ilmiah yang berkualitas dan terpercaya. Daripada dipublikasi di AAPG, GSA< SPE dlll, kenapa tidak IAGI?? ang

Pernyataan Abah benar sekali berapa banyak dari kita baca AD/ART secara rinci? Saya akui saya belum baca secara detail? Dimana seharusnya saya baca dengan teliti, mungkin ada gunanya. Nanti coba saya check sejauh mana kepengurusan yang sekarang mematuhinya. Saya kira setiap orang boleh mempunyai visi dan misi berbeda kan? kenapa harus sama? setiap ketua yang baru boleh-2 saja mempunyai pandangan berbeda dengan pengurus2 sebelumnya dan terus mengoverhaul seluruh systemnya (moga2 tidak). Mungkin saya mempunyai pandangan berbeda atau bahkan sesuai dengan misi dan visi IAGI yang sekarang, bahwa seharusnya IAGI memperkuat kegeologiannya secara internal baru masalah externalnya. Sejauh saya amati ada dua pendapat tentang IAGI ini sebagai organisasi profesi atau politik (paling tidak politically sound) yang isinya Gado2 dari urusan perburuhan, lingkungan sampai pembagian sumber alam daerah. Ini boleh-2 dan sah2 saja tapi kalau yang utama yaitu keprofesian geologinya memble ya saya kira salah tuh...jangan sampai organisasi ini nantinya dipakai sebagai corong politik!! Filosofi Mr. Bat sudah benar IAGI tempat kumpulan orang yang mau maju bareng tapi harus dalam geologi tentunya....

Saya ambil cuplikan kalimat terkenal dari pidatonya Martin Luther King..... I have a dream..someday IAGI will become higly respectable organization.. Sebagai penutup, seseorang di Harvard mengatakan: to ovoid criticsm, say nothing, do nothing and be nothing......

Salam,

Ben Sapiie