Pak Shofi,

Apa kabar? Saya agak tergelitik juga dengan komentar Pak Shofi mengenai DSI krn. setau saya kita tdk. mengharuskan oil co. utk memakai DSI, itu akan sangat bergantung dari kebutuhan dan juga jangan lupa, akan sangat2 bergantung pd. kontraknya dan tool availability. Jadi kalo di kontraknya memungkinkan dan tool nya ada tdk. akan ada masalah kalo di run pake Array Sonic, atau kalo toolnya tdk. ada saya pikir bisa juga di run DSI tp. dengan charge AS, tp. sekali lagi jika kontraknya memungkinkan dan negosiasi dengan service co. yg. bersangkutan.

Utk. DSI cross dipole, mode ini akan di run berdasarkan permintaan dan sekali lagi tergantung dr. kontraknya juga. Harap dimaklumi bahwa jika cross dipole di run maka logging speednya akan menjadi sekitar 800-900 ft/hr, jd. tolong dipertimbangkan apakah memang perlu informasi dr. cross dipole, krn. jika utk. memperoleh informasi shear saja utk. keperluan petrofisika yg. dasar maka cukup di run lower atau upper dipole saja bersamaan dengan monopole mode sehingga logging speednya bisa menjadi 3600 ft/hr, jadi biaya rig time -nya bisa dihemat. Kecuali ada kebutuhan informasi lain dr. cross dipole seperti informasi azimuthal anisotropy dll. yg. memang sanag diperlukan.

Salam
Leo

Bisnis kali begitu, maunya mereka kita run tool yang mahal mahal, sementara
keperluan kita mungkin gak perlu sampai kesana. Kalo cuma untuk ambil
pressure point, pake aja RFT. Tapi kalo udah mulai serius mau pake simulasi
(pump out, multi drawdown, cleaning sample, optical, pvt sample, dual
packer) ya .. perlu MDT. Coba lihat tuh kontraknya ... charge MDT gilani!!!
belum lagi charge lost in hole nya.
Sama juga disini, orang run DSI tapi cross dipolenya gak pernah di run, cuma
dapat shear wave doang, ketika saya usul pake array sonic saja, toh dapat
shear juga, mereka bilang .... "kami harus pakai DSI ....."
mudah mudahan tidak untuk MDT.
sekedar sharing.

Salam
Shofi

On 11/28/05, Herry Maulana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Setahu saya tool RFT sudah tidak ada lagi di Indonesia (info dari Slb)
> yang mereka pakai sekarang adalah Slim-hole RFT (SRFT) dengan tool
> dimension < MDT.
>
> Regards - Herry

Salam hangat

Shofi