Barangkali ya....
Gunungapi di Indonesia (Jawa) kan tipe-nya strato-volkanik, maksudnya
komposisi bantuan penyusun tubuh gunungapinya berselingan piroklastika vs
lava. Nha yang bisa menyimpan air kan piroklastikanya, mungkin ada
pengaruhnya tuh persentase piroklastika (vs lava) untuk gunungapi di Jabar
vs Jateng vs Jatim. Tapi saya tidak punya data apa benar persentasenya
lebih besar yang di Jabar? Kalau menurut pola tektoniknya, Jabar kan
bagian dari kontinen, kemungkinan produk piroklastikanya lebih besar tuh
dari bagian Jawa lain yang keraknya lebih tipis.

BPriadi