From: wahyu budi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, May 09, 2006 5:56 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] RE: REDI Merapi: pasang surut

--- "Maryanto (Maryant)" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Bagaimana sih siklus tertinggi muka laut harian ?
> Jam berapa
> tertinggi-terrendah ? Siklus tahunan ? Ada yang bisa kasih tahu ?

Pak Maryanto, posisi tinggi muka laut sangat ditentukan oleh tataletak
Bumi, Bulan, dan Matahari.

Tinggi muka laut harian, ditentukan oleh posisi bulan pada hari itu, dan
posisi itu terus bergeser. Posisi tinggi muka laut di suatu tempat setip
harinya selalu terlambat 50 menit dari hari sebelumnya. Sedang tingginya
tergantung posisi bulan pada waktu itu.
(Variasi harian).

Untuk variasi bulanan, posisi muka laut tertinggi di suatu tempat
terjadi pada saat bulan purnama atau bulan mati.

Untuk variasi tahunan, posisi matahari. Pasang tertinggi terjadi bila
matahari berada di khatulistiwa, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 21
September setiap tahunnya.

Kemudian, pasang tertinggi sepanjang tahun akan terjadi pada waktu
posisi bumi terdekat dengan matahari (lintasa Bumi terhadap matahari
berbentuk ellips).

Pasang surut bisa diprediksi. Dinas Hidro-oseanografi TNI-AL setiap
tahun melakukan prediksi pasang surut dan di publikasikan dalam bentuk
buku Tabel Pasang Surut yang dijual bebas. Bila kurang jelas tentang
pasang surut, karena saya hanya tahu sedikit, bisa ditanyakan kepada
Dinas Hidro-Oseanografi TNI-AL di Ancol, Bakosurtanal Cibinong,
Oseanografi ITB Bandung atau IPB Bogor, atau Puslit Oseanografi LIPI di
Ancol.

Salam,
WBS