wah, pak agus, saya juga punya pengalaman yg nyerempet mirip.
pada awalnya, perumahan dimana saya tinggal sekarang di bogor, oleh pihak
pengembang (dan katanya didukung pemda) menyediakan lahan kuburan yg agak
jauh dari perumahannya sendiri (sekira 3 km). ternyata setelah diperiksa,
terpaksa-lah saya bicara tentang geomorfologi, karena ternyata lahan calon
kuburan tsb memang di lembah sungai dan termasuk daerah dataran banjir.
kalau musim kering, ada sungai kecil yg mengalir tepat di batas salah satu
sisi lahan. tapi kalau musim hujan, dapat dipastikan seluruh lahan tsb akan
tergenang oleh air.

jadi alhasil, dg 'sesorah' saya ttg geomorfologi tsb (tentu saja saya tidak
menyebutkan istilah geomorfologi ini kepada warga dan pihak pengembang),
alhamdulillah lahan tsb dibatalkan dan sekarang dipersiapkan lahan lainnya
yg insya allah lebih layak utk dijadikan sbg komplek 'rumah masa depan'.

utk mas ery, saya kira masukan dari pak agus hendratno sudah sesuai dg yg
sampiyan butuhkan.

tabik juga,
syaiful