From: noor syarifuddin <[EMAIL PROTECTED]>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Tuesday, February 13, 2007 11:53:20 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Balasan: Re: [iagi-net-l] Pengguna GIS (Geographic
Information System)

Rekan,

Setahu saya, sejak beberapa tahun yl, Puslitbang Geologi (c.q. Pak Djadjang)
mempunyai proyek digitalisasi semua peta geologi Indonesia. Sekitar tahun
2002-an, kami sempat membeli satu set datanya untuk keperluan eksplorasi.
Isinya memnag belum 100% sempurna, tapi sudah cukup lumayan karena bukan hanya
peta thok, tapi dilengkapi attributesnya juga (umur, nama formasi, lithotype
description etc).

Nah, karena peta geologi ini sudah digital dan spatially referenced, maka ya
tinggal di-overlay saja dengan database yang kita punya (sumur, line seismic,
batas blok, HC seeps, infrastructure etc). Overlaynya tidak 100% sempurna
karena base map yang dipakai juga belum tentu sama.

Mulai tahun 2000-an kita sudah mulai membangun database ini. Karena sumber data
yang bermacam-macam, maka kendalanya memang di verifikasinya (kualitas data,
validitas, koordinate systemnya dll.). Waktu itu, karena persamaan visi, kita
sempat tukar-tukaran data (well header, seismic navigation, block limits)
dengan beberapa perusahaan yang juga sedang melakukan hal yang sama.

salam,