From: Rovicky Dwi Putrohari [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, March 01, 2007 12:41 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] seleksi (Re: [iagi-net-l] FW: IPA sponsored
field study opportunity_v1)

Aku berani bertaruh "ada hubungan antara IP dengan kecerdasan dan
bahkan kesuksesan". Coba saja diuji dengan "statistik", saya yakin
modus akan muncul pada pernyataan diatas yaitu ada hubungan antara
kecerdasan, IP dan kesuksesan.

Sayangnya, selalu saja oarang yag "sukses" karena tiga hal diatas
relatif diam dan tidak mengemuka suaranya. Lebih banyak
argumentasi-argumentasi yang berlandaskan azas ANOMALI yang muncul
secara acak dan kasuistis. misal :
- Aku dulu IPnya rendah toh sekarang bisa sukses.
- Aku ini tidak tergolong cerdas (IQ nunduk) toh sekarang bisa menjadi
manajer
- Walaupun aku IP tinggi aku ini bukan anak cerdas, tetapi tetep juga
sukses.

Salah satu argumentasi anomali :
Anakku dulu disuruh blajar susah banget dia bilang "Bill Gates ...
sekolah ndak lulus sekarang kaya, tetapi anaknya tetep sekolah dan
kiliah", aku cuman jawab "Lah emangnya kamu Billgates ? Kamu cuman
anaknya Rovicky yg biasa saja, dan bukan cerdas, jadi tetep saja kau
harus kerja keras"

Mungkin kita bisa buat crosplot 3D antara kecerdasan, kesuksesan, dan
IP disekolah. Aku kok yakin untuk tujuan praktis menggunakan IP
sebagai tolok ukur seleksi masih akan valid dan dapat dipertanggung
jawabkan alasannya. Nah kalau bisa ditambah dengan faktor aktif
organisasi pasti juga akan terlihat hasilnya.

Memang bener
IP tinggi saja ... tidak cukup
Organisasi thok .... ndak memenuhi syarat
Cerdas doank ... sampun mundur aja sana

Jadi, buat mahasiswa --> kalau mau sukses harus punya nulai plus
ketiga-tiganya
Memang tidak ada superman di dunia ini, tetapi dunia ini sangat kejam
sekejam ibu kota ....dan untuk saat ini "bagus saja tidak cukup ! "
mesti bagsbang !

rdp
"ip rendah, bodo, males organisasi ... cuman wong bejo"

On 3/1/07, Franciscus B Sinartio <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> ikutan juga ya..
> menarik juga ulasan2 yang sudah ada.
> kalau misalnya yang "kurang mampu" selalu "belajar" dalam hidupnya
maka saya yakin dia bisa berhasil dalam hidup(&karier) juga.
> jadi metode yang dilakukan untuk dapat nilai tinggi diterapkan dalam
hidup.

> IP memang tidak selalu bisa di identikkan dengan kecerdasan.  tapi
apakah hanya orang yang cerdas yang bisa berhasil dalam pekerjaan?
> menurut artikel2 yang sudah banyak di terbitkan, manusia itu hanya
pakai kurang dari 15 % dari kapasitas otaknya.  Einstein saja katanya
hanya pakai 15 % an.  saya tidak tahu bagaimana ngukurnya.  tapi banyak
sekali yang quote hasil penelitian ini.
> Nah kalau ini benar maka tidak perlu jadi orang jenius,  cukup orang
biasa-biasa saja yang mau pake kapasitas otaknya.
> dan lingkungan pergaulan dan tantangan yang diterima yang membuat
orang memakai otaknya secara optimum atau tidak . (justru itu ada
pendapat seperti yang disebutkan Oki)
> jadi mungkin tidak ada orang yang dilahirkan sudah menjadi jenius dan
lebih dari pada yang lain.

> kalau menurut saya recruitment yang optimum akan dicapai kalau memakai
prinsip "put the right man on the right place".
> mungkin perusahaan minyak boleh belajar dari rekruitmen pemain
sepakbola atau olahraga yang lain di klub2 dunia.
> setiap calon pemain di recruit berdasarkan dimana dia bisa kontribusi
dalam team.  misalnya yang kidal dan kuat larinya bisa ditempatkan di
kiri luar(tentu saja harus sering latihan bola dan bisa dreeble bola).
> kalau di geoscientist,  yang kuat matematiknya (sering di identik kan
dengan jenius) di pekerjakan sebagai geophysicist yang ngerjain
processing dan modelling atau yang lain yang perlu analisa matematik
yang tinggi.  dst... dst..

> sebagai tambahan,  ada satu artikel di salah satu penerbitan AAPG
tahun 80 an yang menyatakan bahwa keberhasilan seseorang sebagai
geoscientist dalam dunia perminyakan tergantung dari dua tahun pertama
dia. karena pada dua tahun pertama itulah ditumbuhkan minat akan cabang2
geoscientistnya dan juga saat mendapatkan fondasi2 yang diperlukan.

> ada lagi pendapat:  yang bisa berhasil adalah yang bisa menyesuaikan
diri dengan perubahan.

> fbs
> IP saya sih biasa2 saja, tidak tinggi tapi cukup untuk lulus....
>

> Wayan Ismara Heru Young <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> saya tertarik dengan kalimat bapak shofi : Butuh kecerdasan yang
tinggi untuk menghasilkan karya yang bagus.
> tapi apa kecerdasan selalu tercermin pada IP pak?
>
> saya rasa IP itu gabungan antara kecerdasan dan keseriusan (seberapa
banyak waktu yg dipakai untuk belajar,
> IP tinggi, bisa jadi sangat cerdas dan cukup rajin, atau kurang cerdas
tapi sangat rajin.
> IP rendah, bisa jadi kurang cerdas dan kurang rajin, atau sangat
cerdas tapi samasekali tidak rajin.

> selama menjadi asisten dosen, kasus2 yang saya amati sering terjadi
adalah sbb:
> anak cerdas sering merasa bosan dengan pengajaran yang lambat, atau
sering juga jadi merasa terlalu meremehkan pelajaran, berakhir dengan
nilai rendah, atau sedang.
> anak yang kurang cerdas, merasa diri kurang mampu, jadi berambisi
untuk mengejar teman-temannya, dia rajin mengerjakan tugas, pr, belajar
dsb, berakhir dengan nilai tinggi.

> saya sendiri beberapa kali melihat kasus dimana mahasiswa berIP tinggi
malah kurang bisa berkomunikasi, karena jarang bergaul di kampusnya..
> mungkin ini kasus2 untuk dari kelompok "kurang cerdas tapi sangat
rajin"..

> semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing2...
> yang paling bagus? menurut saya yang bisa berdiri diantara.. punya
kecerdasan lumayan, rajin, dan bisa berkomunikasi (bersosialisasi)

> kalau mau filter yang cukup mudah, cepat, dan efisien, mungkinbisa
lihat IP per semester, disamping IPK..
> dalam IP semester itu bisa dilihat kemajuan/kemunduran atau anomali IP
selama kuliah, yang mungkin bisa memberi bayangan penyebab nilai IPK.

> salam,
> Wayan Young

Vit...?

Mahakam