di selatan papua juga ada biogenic gas, pandorra field.
terus di forearc nias juga kabarnya biogenic juga. jadi
emang banyak juga sih.

2007/4/10, oki musakti <[EMAIL PROTECTED]>:

Frank,
Biogenic sebanding dengan methane hydrates
...Maksudnya gimana? Setahu saya sih methane hydrates
belum ada yang memproduksi secara komersial sedangkan
biogenic gas sudah banya analog produksinya.

Oh ya, untuk biogenic (ada juga sih campuran
thermogenicnya) gas di Jawa Timur, wa bil khusus (niru
bahasanya wan Abdullah) foraminiferal limestone model
reservoir di Terang-Sirasun-Maleo-Oyong-MDA dll, perlu
hati hati dalam merancang fasilitas produksinya .

Bukan apa-apa, reservoirnya sangat friable dan
porositas inter maupun intra partikelnya amat besar
hingga kalau gasnya disedot, reservoir yang terdiri
dari cangkang-cangkam foram akan mengalami kolaps .
Karena posisinya yang dangkal, pengurangan volume ini
akan langsung diteruskan ke permukaan dalam bentuk
subsidence yang sangat signifikan. Kalau gak
hati-hati, platform yang anda bangun bisa-bisa
kerendam laut gara-gara fondasinya ambles ..

Cheers
Oki

dan
> ada usul untuk
> membandingkan nya dengan methane hydrate di laut
> dalam.  Sama gampangnya
> cari nya tetapi methane hydrate masih belum cukup
> dipahami bagaimana
> cara produksi nya.  Katanya di Petronas lagi ada
> riset mengenai ini.
>
> fbs.
> nb: Abah,  sorry pakai istilah yang tidak baku,
> istilah itu saya
> dapatnya dari milis ini juga.  flip-flop itu
> maksudnya inverted
> stucture.

Don't pick lemons.
See all the new 2007 cars at Yahoo! Autos.
http://autos.yahoo.com/new_cars.html

Hot News!!!
CALL FOR PAPERS: send your abstract by 30 March 2007 to
[EMAIL PROTECTED]
Joint Convention Bali 2007 - The 32nd HAGI, the 36th IAGI, and the
29th IATMI Annual Convention and Exhibition,
Bali Convention Center, 13-16 November 2007