di suatu kelas yg baru, pada suatu pertemuan dengan para mahasiswa yg
mengambil mata-kuliah 'well logging', saya coba korek alasan mereka
mengapa mengambil mata-kuliah ini. jawaban mereka cukup dapat
dimengerti, katanya karena banyak teman (kakak kelas) yg sempat magang
atau kerja-praktek di 'well site'. tapi jawaban berikutnya ketika saya
tanyakan di daerah mana dan sumur apa saja kakak kelas pernah
kerja-praktek cukup mengejutkan saya. jawabannya adalah, misalnya, di
kalimantan di daerah kp perusahaan pertambangan batubara tertentu.

jawaban tsb memang mengejutkan buat saya, karena seperti semester2
sebelumnya, yg saya siapkan dalam materi 'well logging' adalah utk
aplikasi di industri migas. nah, meskipun ada kesamaannya, tentunya
banyak pula perbedaan dalam pelaksanaan 'well logging' tsb.

materi yg saya persiapkan tentu saja semuanya dlm format 'industri
migas', termasuk pendahuluan tentang 'cara pemboran migas' (karena
electric well logging adalah bagian dari proses pemboran ini). mungkin
teman2 di batubara (pak slamet riyadi di balikpapan, dkk lainnya)
dapat membantu saya memberikan gambar2/foto2 dan sekilas proses
pemboran (terutama proses akuisisi/pengambilan data 'well logging') di
pemboran batubara? mungkin japri saja.

atau, mungkin ada yg mau bergabung sama saya utk memberikan 'well
logging' di pemboran batubara ini (tempatnya di dekat rumah saya di
bogor).

terimakasih dan salam,
syaiful

--
Mohammad Syaiful - Explorationist
Mobile: 62-812-9372808

Exploration Think Tank Indonesia (ETTI)
Head Office:
Jl. Tebet Barat Dalam III No.2-B Jakarta 12810 Indonesia
Phone: 62-21-8356276 Fax: 62-21-83784140
Email: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]