Mas Vicky,
Menyambung email terdahulu, lebih kurang komunitas GGE di Houston mencapai
sekitar 60-an saja. Penyumbang terbanyak tetap dari Chevron Houston (sekitar
20-30an). ExxonMobil ada sekitar 5, dan dari ConocoPhillips ada sekitar 14
orang, sisanya dari BP, McDermott, dan service company lain.

Untuk breakdown per disiplin ilmu saya kurang tahu, tetapi saya cc-kan juga
pertanyaan ini ke moderator IATMI Houston, mas Tecky, karena seharusnya
beliau lebih tahu mengenai statistik ini.

Kemungkinan dari pandangan saya sulitnya TK Indonesia menembus US lebih
karena work permit dan Visa. Kalau tipe assignmentnya adalah dari company di
Indonesia akan lebih mudah karena work permit dan visa akan diurusi tetapi
dari segi salary tetap hitungan homebase kemudian dikonversi plus living
cost compensation.

Tapi bagi beberapa kawan yang memang sudah direkrut disini maka mereka
homebasenya adalah US dan tipe work permit/visanya berbeda, biasanya entah
setelah sekolah Msc atau Phd disini kemudian langsung direkrut.

demikian informasinya, sori tidak bisa membantu lebih banyak.

lam salam,
Bowo