Mas Vick dan IAGI netters ysh:

Saya beberapa kali mendengar/membaca sejarah yang menyatakan bahwa
kerajaan Majapahit pernah menyatukan wilayah yang kita sebut sekarang
sbg Indonesia plus wilayah2 lainnya misalnya sebagian malaysia, sebagian
filipina (cmiiw). Hal ini sangat membanggakan dan bisa jadi cambuk bagi
kita untuk kembali berjaya.

Saya jadi penasaran:
-Apakah ada buku yg menyebutkan/menunjukkan bukti bahwa pada saat itu
majapahit sudah mampu membuat/memiliki kapal laut dan armada laut?
Karena menurut saya minimal kedua faktor ini harus dimiliki untuk
menguasai (baik secara damai maupun perang) wilayah nusantara yang
notabene adalah kepulauan.
-Saya tidak melihat banyak peninggalan majapahit (misal candi dls) di
wilayah yg pernah disatukannya tersebut. Apa kira-kira alasannya ya?
Apakah karena periode waktu yang sangat singkat sehingga tidak sempat
membuat sisa peninggalan, atau mungkin sempat ada bukti peninggalan tapi
kemudian dihancurkan oleh local people setelah majapahit tidak berkuasa
lagi di daerah tsb? Atau mungkin ada alasan lain?

Terimakasih sebelumnya buat sharing...

Salam
Andi