Sekedar men-share sedikit pendapat saya, sekalian minta pencerahan.
kan harus give dulu baru take.

Kalau di carbonate, bright spot bisa kelihatan di seismic kalau ada perubahan
porosity.  jadi tidak harus ada gas.
Kalau semua carbonate nya bright spot perlu curiga apakah itu bukan karena
lithology?

mungkin perlu di map apakah conformable to structure (ini biasanya test pertama
dari bright spot anomaly).
Tetapi bisa juga tidak conformable ke structure kalau carboante nya keisi semua
sampai penuh.
Nah kalau yang penuh begini bisa di pakai seismic geomorphology, dan lihat
hasil nya apakah kelihatan geomorphology perteumbuhan/keadaan reef.  Tetapi
kalau belum ada 3D seismic nya agak susah bikin seismic geomorphology.
Kecuali kalau mau nekat bikin interpretasi( he... he... saya pernah
interpretasi barrier sand pakai data 2D seismic di salah satu block
perusahaannya Pak Witan di North sumatra, seismic geomorphology nya pake
imaginasi).

Ada flat spotnya nggak?  kalau isinya gas dan ada airnya,kemungkinan besar ada
flat spot.  juga phase reversal di ujung2 reservoir.

Kalau data 2D seismic saja,bisa bikin AVO Inversion,  mudah2an offset nya cukup
sampai 45derajat atau malah kalau bisa lebih.
kan masih shallow.

Maksud saya masih banyak yang bisa dilakukan untuk confirm prospect/lead itu.

CSEM nya ada ya? untuk daerah itu?

sebenarnya saya mau nanya sesuatu yang lebih basic lagi tapi takut nanti dikira
tapi inikan forum untuk tanya bertanya, dan diskusi

Pertanyaan pertama saya yang sangat basic adalah bagaimana perbedaan penampakan
di seismic tsb. antara carbonate build-up tersebut dengan mud mound atau mass
rapid transport? .  Seingat saya dari publikasi yang sudah saya baca disana
juga banyak mass rapid transport atau juga mud-mound. Saya juga ingat case
history reef build-up di Sulawesi tengah, dimana setelah ada 3D nya kelihatan
adanya erosional surface tempat reef itu tumbuh.  di 2D nya kelihatan sebagai
satu reef buildup yang besar.

Terima kasih atas pencerahannya.

best regards,
frank