Yuppi, saya seneng dengan komentar Pak Awang ini
... memberikan "kriteria" bukan sekedar tunjuk hidung.

Barangkali yang lebih tepat buat kita (maksudte geoscientist) adalah
memberikan gambaran seperti apa tantangan yang akan dihadapi industri
migas, terutama regulasi dan pengawasan industri migas dimasa
mendatang, ini khususnya untuk BPMIGAS. Pak Awang sudah memulai
mengindikasikan akan adanya perubahan dalam sistem kontrak. Ini
mungkin tidak hanya didalam negeri tetapi juga di luar. Mungkin saja
service contract menjadi lebih populer ketimbang PSC.

Dimasa depan paling tidak bisa dibagi tiga kriteria
- Perubahan policy internal/external (sosio-politik)
- Perubahan technology
- Perubahan knowledge and petro-geocience

Socio-Politics
Perubahan kontrak, perubahan UU, perubahan perilaku masyarakat,
politik dalam negeri dsb. Lah hiya ta, kalau mau membuat NOC lagi
tidak sesederhana membuat kue klepon, di Indonesia ini ada UU dalam
setiap NOC. Ini merupakan konsekuensi pasal 33 UUD45 yang sakral itu.

Technology
Any idea, what is the future technology ?

Knowledge and petro-geoscience
Misalnya karena kebutuhan untuk mengikuti UU lingkungan seperti GOM
dimana tidakboleh ada burned oil (DST). Maka MDT menjadi salah satu
cara untuk menentukan Proven reserves yang sah.
Memang seolah-olah masih jauh, tapi kita bisa kaget ketika ini dateng
didepan mata tanpa persiapan

Seperti kata ak Awang ... bersiaplah !!

RDP

--
http://tempe.wordpress.com/
No one can monopolize the truth !

PIT IAGI KE-37 (BANDUNG)
* acara utama: 27-28 Agustus 2008
* penerimaan abstrak: kemarin2 s/d 30 April 2008
* pengumuman penerimaan abstrak: 15 Mei 2008
* batas akhir penerimaan makalah lengkap: 15 Juli 2008
* abstrak / makalah dikirimkan ke:
www.grdc.esdm.go.id/aplod
username: iagi2008
password: masukdanaplod