Mas Andri SS dan Mas Ndaru,

Bagus sekali dan apresiasi banget mencoba mengangkat topik tersebut untuk
Sumatera Metallogeny. Prosidingnya jika publish.., aku pesan. Soalnya kemarin
pas libur, dan sabtunya saya ikut cak Iful meeting untuk pit-IAGI di Smg, njuk
pulang kampung ke kudus. Maunya mabur ke Jkt, tapi Mr.Luck (Mas Lucas sudah
ada, yaa..ntar minta paper-papernya).
Sedikit info, Bukit Barisan yang selama ini dianggap sebagae "other granite",
saya pernah eksplorasi (November 2004) dengan Pemda Riau di Bukit Tepanggang,
Bangkinang Barat (Kampar) di kaki dari jalur Bukit Barisan, 3 pemboran dangkal
(sampai 10 m) yang kami lakukan, 1 titik nembus granit lapuk, 2 titik lainnya
nembus metabatupasir lapuk. Pada core yang saya amati, ternyata berlimpah
timah. Eksplorasi yang kami lakukan dulu untuk tujuan inventarisasi bahan
galian golongan C (bahan baku konstruksi) oleh Pemda Riau.  Ternyata sedikit
laporan tentang timah pada bukit Tepanggang yang kami sampaikan, memancing
Pemda Riau memberikan wilayah tersebut untuk eksplorasi timah oleh investasi
tertentu baik oleh pt.timah atau investor lain selama tahun 2005-2008). Tahun
2007 (bulan September), saya jalan-jalan lagi di sekitar Bangkinang (untuk
tujuan lain), benar..ternyata sudah ada investor masuk dengan pemboran yang
lebih dalam di sekitar bukit Tepanggang.

Demikian juga pada jalur Solok dan Dharmasraya, walau sekilas visitasi lapangan
Jorong Batukangkung untuk kepentingan penyelidikan sebagai saksi ahli di PN
Dharmasraya dalam kasus konflik eksplorasi bijih besi dengan pemilik lahan
kelapa sawit, saya melihat masih besar peluang untuk eksplorasi metallogeny
deposite baik dari sisi saintifik maupun eksplorasi (investasi) untuk melihat
kembali peluang pengkayaan logam pada jalur Bukit Barisan itu dari Aceh sampai
Lampung, apalagi setelah Aceh damai...wouww. berbagai eksplorasi singkat untuk
endapan logam makin marak saja di sana, sampai-sampai ada investor yang ketipu
dengan investor lainnya ketika berkonsorsium tanpa punya geologist permanen di
grup bisnisnya.

salam, Agus Hendratno