Mbah Maryanto yg tekun......saya termasuk memperhatikan teori salamnya mas
maryanto......tetapi kadang2 ada yg ora mudeng juga.....atau wah ini kebetulan
saja...kali....di blognya simbah anda di kritik habis oleh salah satu
netter....tetapi anda menjawabnya dgn santun......malah saya melihat kesan
keangkuhan dari netter tsb.....tetapi okelah adu argumentasi yg baik kita
budayakan di mailing list atau blog.

Satu2nya buku didunia ini yg mengatakan bahwa : "Dalam kitab ini tidak ada
keragu2an petunjuk bagi orang2 yang beriman"...........hanyalah kitab AL
QURAN.......apa ada kitab atau buku2 ilmiah karya tulis lainnya yg dlm
mukadimahnya mengatakan demikian...???

Pada kitab2 karya tulis/karya ilmiah, thesis atau disertasi apapun namanya
selalu saja mengatakan dalam mukadimahnya : "Tiada gading yang tak retak dalam
penelitian saya ini masih banyak dari kekurangannya....keritik dan saran kami
harapkan demi melengkapi tulisan kami ini....dst...dst'"

Orang/ulama bijak mengatakan sbb. Dalam berijtihad kalau benar dapat nilai 2
dan apabila salah masih mendapat nilai 1 (satu).

Apa yang dilakukan oleh Mas Maryanto ini masih berupa hypotesa tentang TEORI
SALAM , orang mengatakan spekulatip...iya memang benar tetapi spekulatip yg
masih dalam range yg masuk akal.......masih banyak yg harus dibenahi disana
sini tetapi usahanya yg terusmenerus tentang keyakinannya patut mendapat
acungan jempol wong tingkat keyakinan saja ada beberapa tahap : Ainul Yakin,
haqulyakin dst........Tidak ada manusia satupun didunia ini yg bisa sempurna
mengungkapkan kebenaran....akan ada bukti2 baru lagi yang akan menyempurnakan
atau mengoreksi jalannya suatu teori.

Saya hari ini memperhatikan tentang Table periodik Sistem Berkala
Mendeleyev...disitu ada unsur2 golongan IA s/d VIIA ....juga ada IB s/d
VIIB.......apa Mendeleyev juga senang angka 7...??? apa ada kaitannya dgn Teori
Salamnya Mas Mar...? ....Mengapa Mineral Nickel terdapat di Soroako -
Halmahera(Weda)- Gebe...??? terdapat dalam batuan Ultramafik peridotit,
Serpentinit..Saprolite...?? Mungkin Mas Maryanto bisa menjelaskan lebih
baik..... terus terang saja saya masih gotak-gatik-gatuk meraba2 juga dengan
senternya Grafik Salamnya Mbah Maryanto....kadang aku juga masih kurang mudeng
je mas.....?! Kadang grememeng sambat (bhs indonnya apa yah?)......wong iki opo
meneh wes gendeng po....dikit2 angka 7...??? ada SAGED, ada JAWAH, ada REDI
dll....tapi koq kepanjangannya yo matuk/cocok juga...yah..??? tapi koq sampai
begitu yakinnya yah...? background S1 dan S2 nya juga meyakinkan........Bisa2
kalau teori salam ini dianut oleh orang banyak spt teori plate
 tectonic....waah gelarnya Doctor pangkat3 kali yee......hehe..guyon
lho.......Tetapi apa kita gak bangga kalau ada anak bangsa yg menyumbangkan
teori yg bermanfaat ke dunia apalagi kalau para pakar mau bersinergy....masak
rujukannya copy paste para ahli barat melulu....begitu tak ye...?

Tetapi apapun yg ditulis oleh Mas Maryanto tentang teori Salamnya cukup menarik
utk dikaji dan apapun ilmu yg kita pelajari haruslah mendekatkan diri kita
kepada ALLAH SWT,......bukan tambah jauh dgn aturan2 ALLAH.....Karena Nabi
Muhammad kita saja adalah orang yang paling dekat dengan ALLAH masih tetap
rajin melaksanakan syariat2NYA.

Begitu luasnya Ilmu ALLAH ini kalaulah 7 samudra menjadi tinta dan daun2 dialam
ini menjadi kertasnya tak akan sanggup dan cukup menuliskan ayat2
ALLAH.....berkali2 dikatakan dalam AL-Quran : Afalaa ya tafakarrun.....afalaa
ya taqiluun = Apakah kamu tidak memikirkan...?...apakah kamu tidak berfikir...?
...Mas Maryanto dan mas2 yg lain spt mas Agus Hendratno adalah ilmuwan2 yang
berusaha utk mengungkapnya....lak gitu Mbah...?

Salam,
Agus Irianto