From: Shofiyuddin <shofiyud...@gmail.com>
Subject: Re: [iagi-net-l] Fracture reservoir
To: iagi-net@iagi.or.id
Date: Sunday, 3 May, 2009, 8:25 AM

Sekedar sharing saja. Fracture barangkali bisa dikenali waktu drilling
memakai LWD dengan melihat pola density, neutron dan resistivity dan
juga caliper log. Fracture bisa dikenali juga dari image log seperti
yang sudah dibahas oleh rekan kita. Tapi harus diingat bahwa image
hanya mengenerate konduktif vs resistif features saja. Kalo kasusnya
di batuan yang tight semisal basement, akan mudah dipahami tapi kalo
berurusan dengan sand shale sequence harus extra hati hati karena bisa
bisa conductive shale bisa disangka fracture. Untuk batuan karbonate
lebih kompleks lagi mengingat ada vugular, pinpoint dan solution
channel porosity yang akan bikin bias terhadap interpretasi log. Untuk
sonic, yg saya tahu lebih dititikberatkan pada pengukuran anisotropi
yang bisa disebabkan oleh fracture atau sebab laen seperti bed
boundary. Barangkali build up pressure analysis hasil dst atau
production test bisa juga digunakan.

Salam

Shofi

On 5/2/09, naslin lainda <nas...@rediffmail.com> wrote:
> [...]
> imagenya.
>
> Untuk identifikasi secara lateral, multi azimuthal processing terhadap data
> seismic mungkin bisa dicoba untuk analisis anisotropi dalam eksplorasi
> fractures. Tentu akan lebih mantap bila mempunyai data 4C/multicomponent
> seismic sehingga infomasi S-wave bisa diperoleh. Atau kalo ngak, VSP walk
> away juga bisa membantu memberikan informasi anisotropi dalam mencari
> fractures reservoir.
>

> CMIIW,
> Naslin
>

> On Fri, 01 May 2009 07:55:09 +0530  wrote

Salam hangat

Shofi