Untuk kasus Sawah Lunto, Sumatra Barat:Saya ada pertanyaan mendasar yang
saya pengen tahu. Dari informasi yang banyak beredar itu kan pertambangan
rakyat, lalu siapa yang in-charge di pertambangan itu? Pendapat saya,
se-rakyat-rakyat-nya tambang pasti kan ada yang in-charge atau sebagai
koordinatornya lah.
Sebagai yang in-charge disitu kan harusnya mengingatkan mengenai keselamatan
di tambang yang under ground itu. Batubara di Sumatra banyak yang berpotensi
CBM jadi ya harus benar-benar diperhatikan benar cara penambangannya. Saya
ikut prihatin dengan kejadian itu yang saya pikir itu hanya kurangnya
penyuluhan kepada masyarakat akan bahaya gas Metana yang terkandung di dalam
batubara.
Kejadian ini hampir mirip dengan penambang emas tradisional di sepanjang
sungai Barito --hulu. Mereka nekad menyelam ke dalam sungai dengan peralatan
seadanya, sudah banyak korban yang menyelam dan nggak timbul lagi. Ujung
dari semua itu hanya sebatas keuntungan sebanyak-banyaknya dengan modal awal
yang sedikit meski nyawa jadi taruhan. Memperihatinkan....

Salute,
.Yudi