From: Yoga Negara [mailto:yneg...@caledon.com.au]
Sent: Thursday, 17 September, 2009 9:46 AM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: FW: [iagi-net-l] Membeli Peta Kehutanan

Yth. Kang Fariman,

Berdasarkan pada apa yang pernah saya alami ketika melakukan perizinan
untuk pembukaan lahan tambang, jika terdapat perbedaan seperti itu maka
akang bisa merunutnya kembali satu persatu ketingkat yang lebih tinggi.
Misalnya ada perbedaan antara Kabupaten dengan Provinsi, maka sebaiknya
akang membawa masalah ini ke tingkat provinsi dengan cara
mengikutsertakan dinas kabupatennya. Sepengalaman saya dulu, teman2 di
dinas kabupaten bisa dibilang agak ngeri jika dikemudian hari terjadi
kesalahan. Karena utk di daerah kaltim dulu pernah ada bupati yang
akhirnya bermasalah secara hukum karena menerbitkan perizinan yang
salah.
Nah biasanya yang agak ribet adalah tarik ulur masalah wilayah antara
pusat dan provinsi. Yang pernah saya lakukan dulu adalah langsung ke
baplan kehutanan, kemudian minta penegasan dari mereka, setelah itu
mengajak mereka jalan2 ke lokasi buat ngecek dan sekalian mampir ke
dinas provinsi.
Biasanya kalo terjadi seperti ini temen2 kita di dinas kahut provinsi
agak ngeri liat mereka yang dari pusat. Contoh lagi di kaltim, dulu
penggrebekan illegal logging langsung dilakukan oleh mabes polri tanpa
koordinasi dengan polda. Ini yang sedikit membuat grogi temen2 propinsi.

Kalo masalah tempat berladang sih sudah biasa kang. Dulu ada peraturan
200m dari tepi jalan adalah lahan yang boleh diusahakan oleh masyarakat
umum.
Ketentuan ini yang akhirnya disalah gunakan oleh para investor
perkebunan dan perkayuan yang kongkalikong dengan pemda setempat untuk
membuka akses jalan dan merambah hutannya.
Umumnya pemda setempat menerbitkan sertifikat itu karena ingin menguras
kayunya dan juga ingin kebagian rezeki tambang yang diusahakan kemudian.
Seingat saya mereka akan bagi2 tanah hutan itu sekitar 2 hektar
per-orang.

Ada ketentuan dari badan pertanahan, seingat saya bahwa izin pengusahaan
tanah hutan Negara baru bisa diterbitkan oleh seorang camat setelah
peladang benar2 terbukti menggarap tanah tersebut selama minimal 3 tahun
semenjak surat penggunaan tanah hutan tersebut diterbitkan. Nah baru
setelah kurun waktu 25 s/d 30 tahun kemudian sertifikat kepemilikan bisa
diterbitkan oleh badan pertanahan (bukan camat). Itupun biasanya
disertai dua syarat yang utama, satu tanah tersebut dilepas oleh Negara
dan kedua ada bukti selama kurun waktu tersebut si peladang memang
menggarap tanah tersebut.

Sebaiknya juga dari awal akang coba ketemu dengan temen2 di badan
pertanahan daerah dan minta kejelasan kepemilikan tanah yang akan kena
proyek dari mereka langsung. Biar nanti urusan ganti ruginya tidak
ribet.
Jangan salah kang, ada mining kumpeni yang mesti ganti rugi tanah lebih
dari tiga kali untuk lokasi tanah yang sama, hanya karena dari awal
tidak mau melibatkan pemda setempat.

Selamat berbingung ria dengan ribetnya birokrasi (k%r#ps!..ssst...sst)
di Indonesia...

Salam,
Yoga