From: taufik.ma...@gmail.com [mailto:taufik.ma...@gmail.com]
Sent: Tuesday, February 16, 2010 5:18 PM
To: iagi-net@iagi.or.id; fo...@hagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Seismic Acquisition Cost

Pak Herman,

Saya bawa juga diskusi ini pada milis Forum HAGI karena banyak ahli geofisika
yang bisa memberikan jawabannya.

Sepengetahuan saya, cost ini sangat variatif, oleh sebab itu sementara saya
sharing dulu perbedaannya dan harganya mungkin akan diberikan kawan yang lebih
tahu pastinya. Pertimbangannya sbb:

1. Untuk Onshore tergantung sourcenya, mau pakai dynamites, vibroseis atau
lainnya. Dynamites umumnya lebih mahal dari vibroseis. Bila survei di gurun
pasir dibutuhkan pula support operation oleh helicopter khusus bila melintasi
wadi (sungai), bukit dan lembah yg ekstrim tingginya (misalnya sd 900 m).

2. Field acquisition parameter bisa menentukan cost. Apalagi perbedaan 2D dan
3D survei sangat berpengaruh. Juga survei offshore pemakaian streamer yg lebih
banyak dan sail line yg lebih panjang akan menambah biaya operasionalnya.

3. Biaya mob atau demob bisa memberikan pengaruh besar khususnya tidak ada crew
atau vessel seismik yg sedang / punya rencana survei di daerah yg akan kita
survei juga.

4. Perlu dipikirkan juga kemungkinan biaya non-technical seperti "community
development" terutama dampak survei yg mungkin merusak aktifitas nelayan atau
lingkungan setempat.

5. Dan seterusnya, dapat dilanjutkan oleh rekan2 lainnya.

Beberapa tips untuk mengatasi hal ini:
1. Cari info dari oil company yg sedang lakukan survei di daerah tsb.
2. Dari forum meeting lokal, seperti Jakarta / Singapore Scout Meeting dapat
sharing info dari oil company yg pernah / sudah lakukan survei.
3. Bisa contact langsung service company yg punya pengalaman / ada dalam list
daerah yg akan kita survei. Biasanya mereka meresponnya meski kadang mereka
belum ada crew namun ada way forwards.

Sementara itu dulu sharing dari saya dan saya yakin ada rekan2 yg punya
pengalaman / jawaban yg lebih akurat.

Wassalam

TAM

Sent from my BlackBerry® wireless device via Vodafone-Celcom Mobile.