From: Sugeng Hartono <sugeng.hart...@petrochina.co.id>
Subject: Re: [iagi-net-l] hidupkan kembali Bamus Geologi (Kur.Geologi
To: iagi-net@iagi.or.id
Date: Thursday, 8 April, 2010, 8:18 AM

Pak Syaiful dan semuanya,

Semoga usaha bagus ini dapat terlaksana dengan baik, sehingga kita mempunyai
geologist-2 yang mumpuni. Saya ingin menyampaikan pengalaman sbb:
Seorang kawan yang melakukan test seleksi para geologist muda di perusahaan
mudlogging, dia mengeluh karena banyak peserta yang tidak dapat menjelaskan
perbedaan antara batu Lempung (Claystone) dan Serpih (Shale); bahkan diantara
mereka selalu mengucapkan Shale dengan SHELL. Tentu saja kawan ini menerangkan
bahwa Shell itu "kerang" atau nama perusahaan minyak Belanda.
Ketika ditanyakan skala Mohs (kekerasan mineral), tidak ada satupun peserta
yang ingat (talc, gips, kalsit, fluorit, apatit, feldspar, quartz, topaz,
korundum, intan...semoga tidak salah); katanya ini sudah lama, jadi sudah lupa.
Masih ada bbrp pengetahuan dasar Geologi yang sudah dilupakan geologist muda.
Perushaan mudlogging ini menerapkan aturan bahwa trainee mudloggernya
(geologist atau PE) harus jadi sample catcher selama 3 bulan; kalau tahan uji
dia akan lulus dan imbalannya (remuneration) pun juga bagus, tetapi kalau tidak
tahan ya akan keluar (tanpa pesangon tentunya).

Pada suatu kesempatan saya membawa geologist muda yang smart untuk tugas wsg di
bbrp sumur. Komentarnya sungguh bagus: Pak, mestinya para geologist yang kerja
di kantor, yang hanya sibuk menekuni software geologi dll harus ditraining di
wellsite, dia harus tahu proses pemboran, pengambilan cutting sample di shaker
dll. Jadi penalaran geologinya menjadi lebih tajam.
Pada kesempatan lain saya diundang untuk hadir di acara presentasi mahasiswa
geologi yang selesai melakukan tugas akhir (S1). Obyeknya suatu lapangan
minyak, yang peta konturnya mirip telor yang bulat lonjong. Di situ sudah dibor
sebanyak 30-an sumur. Saya pun iseng-2 memintanya untuk membuat penampang
(cross section) antara sumur di ujung kiri ke ujung kanan. Saya agak kaget
karena dia perlu waktu hampir 10 menit untuk membuat penampang; dan lebih kaget
lagi gambar penampangnya bukan cembung yg menunjukkan reef tetapi justru
cekung. Salah satu teman berkomentar: Lho, kalau begitu di mana minyaknya?

Setiap berada di rig, saya rela menularkan ilmu geologi saya (yang masih
dangkal) kepada teman-2 mudlogger muda, menyarankan mereka untuk terus membaca
buku-2 geologi (di dalam mudlogging unit sering ada perpustakaan) agar supaya
ilmunya terus bertambah.
Hanya saja belakangan ini ada bbrp teman mudlogger yang curhat, mereka merasa
terdesak dengan banyaknya mudlogger dari negeri seberang. Saya pun tidak dapat
berbuat apa-2 karena mereka, para TKA ini sudah "mengantongi ijin kerja" yang
dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.

Salam hangat,
Sugeng

----- Original Message ----- From: "mohammad syaiful"
<mohammadsyai...@gmail.com>