Geologist2 Senior yg saya hormati,

Maaf sekadar wacana saja, agak melenceng dari topik tapi masih ada
relevansinya.

Di Sumatera memang banyak sekali fenomena geologi lapangan yang kita temui,
dari Aceh hingga Lampung. Sumber daya alamnya pun sungguh melimpah dgn
basin2nya yang sangat kaya, baik sumberdaya mineral maupun hidrokarbon.
Satu hal yg kembali teringat oleh saya adalah, sejauh ini kalau tidak
salah baru ada 1 jurusan Geologi di pulau Sumatera, yaitu di Institut
Teknologi Medan (ITM).
Dewasa ini, begitu marak pendirian Jurusan Geologi (Undip, Unsoed, hingga di
Papua).
Sekitar 10-15 thn yg lalu, pernah ada wacana mendirikan Institut Teknologi
Riau, dgn kemungkinan salah satunya membuka Jurusan Geologi. Wacana ini saya
dengar sendiri merupakan gagasan dari engineer2 & geoscientist2 di Caltex
pada waktu itu (thn 1995-2000).

Pada tahun 2001, Caltex memprakarsai pendirian Politeknik Caltex Riau di
Rumbai, Pekanbaru, membuka Teknik Elektronika, Teknik Komputer, Teknik
Telekomunikasi, Teknik Mekatronika dan Akuntansi (Diploma 3) serta Teknik
Sistem Informasi Industri, Teknik Informatika Multimedia dan Teknik
Elektronika Telekomunikasi (Diploma 4).
Tapi mengenai Institut Teknologi Riau ini sendiri, tidak pernah terdengar
lagi sampai sekarang. Mungkin Bapak2 IAGI Pengda Riau punya informasi
mengenai hal ini.

Pemikiran saya ini berangkat dari kemungkinan masih luasnya kebutuhan tenaga
ahli geologi di masa depan. Bila dibayangkan, mahasiswa2 geologi di Sumatera
akan dekat saja utk field trip ke Payakumbuh, Bukittinggi, Ombilin,
dll. Hampir semua mata kuliah yg ada kuliah lapangannya bisa tercakup, mulai
dari Sedimentologi, Stratigrafi, Geologi Struktur, Geologi Migas, Geologi
Batu Bara, Vulkanologi, Geohidrologi, Geoteknik, Geologi Lingkungan, sampai
Mitigasi Bencana seperti Gunung Api, Tsunami, Gempa bumi, dll.
Sungguh sangat lengkap laboratorium alam yg dimiliki oleh pulau Sumatera.

Salam hangat,

Muhammad Walfajri