Pak Rovicky,

Iya pak, secara umum besarnya momen gempa (Mo) dihitung sebagai
perkalian dari rigiditas x luas area x besarnya slip pada bidang gempa.
Sehingga untuk luas area dan slip yang sama apapun mekanismenya
maka momen gempanya akan sama.

Tetapi kemudian :
Biasanya gempa di zona subduksi yang mayoritas sesar naik (thrust)
apabila di interface biasanya memiliki magnitude yang lebih besar.
Hal ini dikarenakan dengan dip yang kecil (<30 derajat) bidang
kontaknya akan lebih lebar (areanya lebih luas) dan tertekan oleh
overlaying plate diatasnya.

Selain itu untuk gempa di subduksi yang sangat dangkal, walaupun
magnitudnya kecil, tetapi slipnya bisa sangat besar. Hal ini dikarenakan
apabila sangat dekat trench maka rigiditasnya sangat kecil, sehingga
dengan Mo yang sama, tetapi slipnya lebih besar (contohnya gempa
- tsunami pangandaran 2006).

Secara umum gempa dengan mekanisme sesar geser memiliki magnitud
yang lebih kecil karena lebarnya tidak bisa sangat lebar dibatasi oleh
kedalaman
seismogenik zone di dalam kerak, karena dipnya biasanya besar.

mungkin untuk sementara demikian pak,
salam,