Saya pribadi mengucapkan terima kasih atas kepedulian MGEI terhadap guru
geografi SMA.

Pada tanggal 22 dan 23 Mei 2012, kami, FITB: Fakultas Ilmu dan Teknologi
Kebumian, ITB mengadakan peringatan Hari Bumi dan Hardiknas (peringatannya
terlambat karena kesulitan mencari kecocokan antara sewa ruang dan waktu
bagi pejabat/pembicara). Peringatan tahun ini bertajuk "Save Our Earth."
Acara dua hari tersebut diisi dengan seminar dan lokakarya sehari dan
Olimpiade Geografi dan Geosains Nasional 2012 untuk siswa SMA yang diikuti
dengan antusias oleh siswa/i SMA dari Balikpapan, Jambi, Pekanbaru,
Lampung, Jakarta, Jawa Tengah, dan tentunya Jawa Barat. Acara dibuka oleh
Menteri KLH yang juga mengantarkan pidato kunci.

Pembicara dalam acara seminar tersebut antara lain: Ketua Badan Informasi
Geospasial (topik: Peranan informasi geospasial dalam rangka melestarikan
bumi), wakil dari Balitbang Kemdikbud (Revitalisasi kurikulum geografi
pada jenjang pendidikan dasar dan menengah), dan ada sesi khusus dengan
topik bahasan bertajuk: Kurikulum geografi: permasalahan dan solusinya,
yang digarap oleh Prof. Ketut Wikantika (dosen Prodi Teknik Geodesi dan
Geomatika ITB), Prof. Enok Maryani (dosen Geografi UPI dan pendiri APGI),
dan Dr. Budi Brahmantyo (dosen Prodi Teknik Geologi ITB). Dari acara
seminar dan lokakarya, salah satu butir yang akan direkomendasikan ke
Pemerintah adalah revisi pengajaran mata pelajaran geografi yang
seharusnya (juga) untuk siswa IPA.

Demikian, berita tambahan dari FITB-ITB berkaitan dengan pengajaran
geografi di sekolah lanjutan.

Wasalam,
EAS