Secara umum pendekatan interpretasi bisa dua2nya dalam science. Bisa
berdasarkan hipotesa sehingga sudah mengarah pada pembuktian mengikuti model
tertentu.  Science juga bisa menginterpretasi yang lebih bebas dengan tujuan
mentes banyak kemungkinan. Satu persatu interpretasinya dites utk mendapatkan
hal yang lebih non-bias. Keburukannya metoda ini bisa sangat panjang dan rumit
dibandingkan yang pendekatan hipotesa.  Utk suatu science yang sudah banyak
modelnya dan lebih pasti seperti xray tulang pendekatan hipotesa akan lebih
tepat karena kita sudah banyak kasus dan model yang bisa digunakan utk
menginterpretasi.

Bagi saya interpretasi adalah sesuatu yg hrs dibuktikan kebenarannya jadi
tergantung pada siapa dan apa (hipotesa dan asumsi) yg akan dicari.  Seandainya
sama sekalai tidak dikenali ya susah membuat interpretasi. Ini yang saya kira
dumaksud oleh Cak Noor.  Ya Geologist kalau image dari otak nanti
interpretasinya hidrocarbon. Dalam kasus Gn. Padang misalnya hasil georadar
menunjukan object yang mempunyai sudut tajam seperti kotak, piramida dll. Kan
wajar saja berhipotesa bahwa ini tidak alami karena agak sulit atau sangat
jarang alam membuat sesuatu yang sangat perfect. Ya, hrs dibuktikan.. Seperti
lead tadi.. Banyak interpretasi akan sangat baik krn akan memdapat banyak
hipotesa yg hrs dibuktikan, ya kalau sdh pasti tidak diperlukan scientist utk
membuktikan. Walaupun geologi tidak bisa seperti hukum matematika, rupa seperti
monyet, bentuk seperti monyet, jalan seperti monyet ini pasti monyet. Mungkin
geologist lain akan mengatakan bisa enggak ya beruang?

Teman2 saya kira kita sebagai scientist harus open minded dan skeptist biar
mempunyai banyak inovasi dan kreativitas.. Kerennya out of the box thinking...
As long as not too far from the box.

Sekedar sumbangan... Just my cent contribution..

Salam,

BS
Powered by Telkomsel BlackBerry®