From: abacht...@cbn.net.id
Sender: <iagi-net@iagi.or.id>
Date: Fri, 7 Feb 2014 22:42:22
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Subject: [iagi-net] 3 Hari Komunikasi dg Penipu

5 Feb di Jakarta

Tadi pagi sblm saya sampai di kantor Tebet ada orang tilpon ke kantor
memperkenalkan dirinya sbg Rudi stafnya Pak Adriansyah Dirut Pertamina EP,
minta ke office boy GDA u/kasih pesan ke pak Andang Bachtiar menilpun Dirut PEP
Ardiansyah di nomor 081210118887. Dan dia minta nomer hape saya juga. Dikasi
sama office boy tsb.

Di-infokan kabar tsb di jalan, saya langsung tilpon Anca di nomer yg saya punya
(saya gak sempet ngecek nomer yg dikasi OB GDA). Diterima Anca yg sdg ngobrol
dg kakak sepupu saya (yg kebetulan jd pejabat keuangan di sana) di kantornya.
Lama gak berkabar, kami sedikit tukar kabar, dan ketika kutanyakan ada apa -
menyuruh org hubungi saya, Anca rupanya gak nangkep, tapi langsung saja janjian
ketemu: mungkin nanti sore stlah dia slesai acara, kita bisa ngobrol2 ngopi2
dsb.

Dr. Adriansyah alias Anca ini selain PresDirnya Pertamina EP juga aktivis
asosiasi kebumian (pernah jadi Presiden HAGI waktu saya Ketua IAGI), jadi kami
sdh saling mengenal sejak lama sekali.

Sampai di kantor, ada yg nilp hape saya - rupanya dr nomer yg disebutkan OB
saya. Bbrp kali saya coba jawab halo halo, dia matikan. Terus ada sms masuk.
"Pagi pak Andan baktiar saya Adriansyah Tq." ..... Dari sini saya mulai curiga:
jelas ini bukan dr Anca!!! Tapi saya jabanin saja. Akhirnya saya nilp nomer tsb
kembali dan kamipun bicara. Bener2 kurang ajar itu orang: logatnya
dimirip-miripkan suara Anca. Dia menanyakan kabar GDA dan ETTI, dan mnyatakan
sangat terbantu dg kiprah GDA-ETTI dan ingin mmberikan proyek2 lebih banyak dr
Pertamina EP ke GDA dan ETTI. Wkwkwkwkwkwk....saya layani seolah2 saya gak
kenal Anca dan seakan saya ter-ngiler2 dg akan adanya proyek2 baru. Dia minta
saya datang ketmu dia. Dg seolah tergopoh2 saya sanggupi. Jam 11an aja hari
ini. Saya tanya: dimana? Masak pak Andang ga tau dimana kantor saya. Maaf, pak
Direktur, khan kantor bpk banyak,.... Ya sdh di lantai 7 katanya. Dimana?
Kwarnas? JORR? Pusat? ... Dia bingung. Nanti saya kabarkan dimananya pak,
katanya. Sebagian pembicaraan kurekam.

Setelah itu tidak ada lagi komunikasi dg dia. Yg katanya dia akan nilpun dan
sms-pun tdk dilakukannya. Sementara itu saya sdh infokan ke Anca asli apa yg
terjadi. Anca kaget banget dan meminta bantuan kalau2 bisa "menjebak" orang tsb
spy kasi pelajaran dan gak lagi melakukan penipuan tsb.

Saya sanggupi: kalau2 dia nilp/kontak lagi tentunya akan kita mainkan.
-------------
6Feb di Balikpapan

Begitu mendarat Sepinggan ada tilp brulang2 dr Anca palsu, saya sms:

9:14
Pak Adriansyah, dr kmrn saya tunggu kontaknya, mohon maaf, hari ini saya sdh
harus di Balikpapan u/urusan lapangan dg Salamander. Baru saja saya mendarat
Sepinggan. Ini td saya tilp kembali tp bpk sdg sibuk. Mohon maaf.

(Setelah itu terjadi pembicaraan tilp. Saya rekam lagi. Ternyata org itu
ngejar2 saya lagi hari ini,... Akhirnya kebuka maunya,... Pinjem duit - butuh
750juta - brapapun yg saya bisa. Dg janji proyek2. Saya pancing, ...saya hanya
bisa kasi cash, nanti orang saya yg akan anter,... Dia bimbang, ...kalo dia mau
ketemu u/serah terima uang, saya akan serahkan skenario berikutnya pd pertamina
saja untuk bergerak,... Kali ini dia sedikit mmenyinggung nanti kalau saya mau
ketemu: hari Selasa sepulang aku dr lapangan - di kantornya di STAnChat lantai
21!!! Wkwkwkwk

Berikutnya dia sms saya dan kamipun berbalas sms dr jam 10 sampai hampir jam 1
siang waktu Balikpapan, sambil bbrp kali dia coba nilp tp saya tolak (krn takut
ketahuan status saya sdg bergerak dr BPN-SMD):

10:14
Bagaimana pak Andang?

11:25
Seadanya ya pak,...nanti org saya di Jkt akan kirim cash ke mana?

11:28
Berapa Yang bisa saya pake..?

11:29
Adanya dua setengah pak...

11:32
Dua ratus lima puluh jt apa 25 jt

11:35
Duaratus Limapuluh pak, tp kami mohon dg sangat spy bisa diarahkan juga ke VP
eksplorasi atau operasi untuk jaminan bbrp proyek ke depan.. Mohon maaf pak,...
Ini persyaratan dr para pemegang saham juga.

11:36
Baik tks..

11:41
Iin Herlina Rek 133.00.1190079.2 BANK MANDIRI CAB CIAWI. Tq.

11:44
Org saya bisanya kirim cash pak,... Soalnya ini a/n saya,... Dan krn saya ada
di Balikpapan maka duit tsb bisanya kami kirim cash ke bpk lwt staff saya,...
Nanti kami butuh bpk tandatangan tanda terima pak,..mohon maaf,.....Memang
prosedur kami agak repot.

11:46
Kalau bisa wakil kami di Jkt sekalian bisa di arahkan ke VP eksplorasi-operasi,
pak,....shg ada jaminan. Nuhun, .....

11:48
Kami tdk berani transfer2an lagi pak, ini arahan dr shareholder, takut nanti
terlibat-termonitor KPK sbg suap-gratifikasi dsb. Tapi kalau cash mudah2an
aman....

11:49
Saya harap di alokasikan ke staf saya Ibu Iin biar lebih steril dan nanti bukti
dari PerBankan sebentar malam di serahkan di PS. TQ.

11:50
Bisa saya di hubungi kembali. TQ.

11:51
Saya sdg bersama VP Salamander pak,....blm bisa kontak krn nanti dianggap tdk
sopan....

11:56
Alokasian dana tresebut saya butuhkan skarang dan untuk lebih menjaga alangkah
baiknya di alokasikan ke iin dan sebentar mlm sy ksih cek ssuai nominal pinjamn.

12:01
Pak Andang saya cuma mau pinjam secara Pribadi dan sama sekali gak ada
sangkutanya dng KPK.TQ

12:02
Transaksi online lebih dr 100juta semua termonitor otomatis oleh PPATK,
pak,....apalagi ke ibu IIN yg pegawai pertamina staff bpk. Pasti mnimbulkan
pertanyaan. Shareholder tdk mengijinkan kami u/transfer tanpa ada ledger - AFE
kecuali ambil cash u/petty-cash direksi,... Krn saya tdk bisa eksekusi sndiri
krn sdg di kalimantan, nanti staff /wakil saya yg antar cashnya pak....

12:07
Petunjuk dari penasehat hukum saya selama ini jauh lebih steril dari pada cash
dan apa lgi ini hanya secra Kekeluargaan . T,Q.

12:09
Dan itupun saya kembalikan Besok TQ.

12:10
Gak d'bantu gak apa2 TQ.

12:10
Maaf pak, tp uangnya dr rekening perusahaan pak,....mohon maaf, stiap
pergerakan rekening perusahaan -meski u/kepentingan pribadi direksi- dimonitor
oleh PPATK.

12:11
Ini td sdh dikeluarkan ceknya, staff saya tinggal ambil cash-nya di bank.
Monggo, pak,....

12:24
Itu gak jadi masalah soalnya saya hanya Pinjam secara kekeluargaan bukan Atas
nama PERTAMINA EP (PEP) TQ.

12:27
Siaaaap, pak. Nanti silakan bu IIN-nya ketemu dg staff/wakil saya u/serah
terima pak,... Mohon maaf, nanti tolong bu IIN-nya menyiapkan sekalian
u/tandatangan di tandaterima brmeterai kami.

12:28
Bisakah kami dptkan kontak nomer hape ibu IIN, pak (spy tdk terlalu merepotkan
pak Adriansyah)

12:30
Bu Iin ada di Ditjen Migas lagi Meeting...

12:32
Kalau meman gak bisa gak Apa2 kami cari ke YG lain secara pribadi...

12:36
Mohon maaf pak,...mudah2an tdk menjadikan salah pngertian. Ini sdh kami siapkan
cashnya. Kami tunggu info lwt ibu IIN saja juga gpp, pak.

12:41
Lain kali saja lah...saya d'bantu.

Gagal deh kali ini mau nangkep Ancha palsu. Gemes + sebeL slama komunikasi sama
org ini >:O

----------------
7 Feb 2014 di Kembang Janggut

Kupikir critanya sdh selesai. Makanya aku kaget ketika hari ini nybrang dr Kota
Bangun ke Kembang Janggut, miss call dr Anca palsu berulang2 trus sms masuk:

10:16
Kekurangan saya tinggal 75 jt Lagi..

(Tidak saya balas, kmudian hampir sejam kemudian muncul sms lagi: )

11:08
Bisakah sy d'bantu

Saya jawab 11:09
Saya sdg 0di Kem$bang Janggut pak...di pedalaman

11:11
Munkin bisa m-bangkin.pak Ad.
11:13
Keperluan saya pak ad

(Tdk saya pedulikan, dia call berulang2 gak saya jawab. Lama2 kepikir u/skali2
ngerjain dia: )

12:34
Insyaallah beres pak. Itu tadi sdh saya perintahkan staff saya meluncur u/ktmu
pak Djoko (utusan bu Iin) yg akan mengambiL cashnya. Meskipun tdk cukup 75jt
mudah2an membantu.

(Stlah itu saya susulkan)
12:54
Maaf salah kirim sms pak... Itu u/ pak Djoko...

(Mungkin dia panik, krn stlah itu brkali2 dia nilp, dan lagi2 gak kujawab.
Akhirnya sms)
13:19
Bisa dikirim skrng
Di trnsf ke bu Iin skr Tq.
Dikabari kalau sudah dikirim ke rek bu Iin.

14:02
Itu udah dikirim ke bu Iin ?

DAN SAMPAI HARI INI (8Feb) Gak kujawab2. Dan si Anca palsu ini gak ngontak2
lagi. Entah nanti siang. :-)

Bener2 pnipu gak tau diri. Buat kawan2 lain, mohon berhati2 kalau mnghadapi hal
serupa.

Salam
ADB