Pak Bandono

Masalahnya bukan dikuasai oleh asing atau tidak. Setiap KKKS ( baik
nasional / asing ) memiliki hak dan kewajiban yang sama kalau hendak
melakukan eksplorasi di Indonesia. Jadi jangan pernah berpikir bahwa ada
fasilitas khusus terhadap perusahaan asing dibandingkan dengan perusahaan
nasional.

Investasi eksplorasi migas mempertimbangkan banyak hal mis :

1. Probability sukses eksplorasi yang tentunya berhubungan dengan bidang
keteknikan geologi. Saat ini tentunya POS untuk menemukan discovery yang
cukup signifikan sudah cukup rendah dan sulit sehingga resiko investasinya
juga meningkat. Mencoba daerah frontier juga tidak gampang dari resiko
geologi dan biaya eksplorasi dan kalaupun discovery harus dipertimbangkan
juga apakah ekonomis untuk pengembangannya .

 2. Hal hal non teknis seperti regulasi, perijinan , pajak dan berbagai
peraturan yang saat ini memang cukup membuat eksplorasi migas lebih sulit
dan berat dibandingkan dulu.

3. Politik : kondisi politik yang stabil, pemerintahan yang bersih, sinergi
antara pusat dan daerah.

Sekedar info saja biaya non teknis untuk pengeboran sumur bisa mencapai 50%
sendiri dari biaya sumur , jadi bisa dibayangkan besarnya investasi yang
harus dilakukan untuk pengeboran eksplorasi di Indonesia.

Medco tentunya sudah mempertimbangkan matang matang segala aspek di atas
dan sudah punya hitungan keuntungan dari investasinya di libya dibandingkan
dengan investasinya di Indonesia.

Dan saya kira perusahaan internasional lain juga akan membandingkan
portofolio mereka di negara lain dengan di Indonesia.

Jadi saya kira kalau tetap tidak ada terobosan paling tidak di hal hal non
teknis yang mendukung eksplorasi  (point 2 dan juga point 3) maka sulit
mengharapkan bahwa kita akan bisa mengakselerasi penemuan baru.

Salam

Kartiko