Pak Bandono, Sertifikasi adalah salah satu hal yang sangat penting untuk
menjaga kualitas profesional geologis Indonesia tetapi ada hal ain yang sangat
penting lainnya dan itu adalah "KODE" atau standar yang akan dipakai dalam
kegiatan profesional tersebut.

MGEI sebagi sub bagian dari IAGI bisa berbagi pengalaman dalam penerapan proses
sertifikasi kompeten person untuk pelaporan publik untuk hasil eksplorasi,
pelaporan sumberdaya dan cadangan mineral dan batubara dengan memakai standar
kode KCMI-2011.  http://www.mgei-iagi.org/index.php/id/2012-11-27-08-46-32 .
KCMI sat ini berpedoman pada standar kode dunia (Crisco) standar kode Australia
JORC. Sehingga diharapkan kualitas pelaporan di Indonesia memiliki standar yang
diterima secara Internasional.

Sampa saat ini kemajuan yang dicapai adalah penerimaan sistim kompeten person
oleh Bursa Saham sehingga perusahaan yang masuk ke Bursa saham Indonesia maka
pelaporannya harus diverifikasi oleh kompeten person Indonesia yang terdaftar
di MGEI atau Perhapi. Selain untuk geologist Indonesia maka MGEI juga sudah
melakukan sertifikasi untuk ekspat dari berbagai negara yang perusahaannya
harus melakukan verifikasi laporannya ke pemerintah dan bursa saham di
Indonesia http://www.mgei-iagi.org/index.php/id/list-cpi-iagi-mgei

Dalam standar yang dibuat pemerintah (SNI-2011) juga sudah dinyatakan bahwa
pelaporan publik harus memakai laporan yang diverifikasi oleh kompeten person.

Sistim kompeten person mgei/iagi masih akan sangat berkembang. MGEI dan Perhapi
membuat suatu komite kerjasama implementasi kompeten person. Beberapa kegiatan
sudah dicanangkan seperti akan diterapannya standar valuasi mineral (Valmin)
sehingga sistem perhitungan atau valuasi sebuah cebakan bisa dilakukan dengan
standar perhitungan yang sama dll kegiatan yang sudah disiapkan. Mudah-mudahan
dengan usaha ini kita bisa memajukan kualitas bisnis pertambangan di Indonesia
denga menerapkan standar yang baik dan berkualitas internasional dan sekalian
menjaga kualits para geologis indonesia agar bisa disejajarkan dengan geologis
dari negara lain.

Mudah-mudahan pengalaman dalam pengembangan sistim sertifikasi di MGEI bisa
bermanfaat untuk teman-teman di bidang profesi lain seperti geoteknik,
geofisika dll.

salam-iwan  munajat

 wrote:
> [...]
 yang harus dicapai.
 menulis:

> [...]
 mengusulkan untuk diaktifkan
 menghadiri Rapat Tahunan Dewan
 mewakili Ketua IAGI. Pada
 Direktur Teknik Migas
 Kemenakertrans mengeluhkan terlalu
 Sertifikasi kepada anggota2nya.
 2015 dimana Pemerintah tidak
 asing. Itu hanya dapat
 Profesi. Laporan lengkap dengan
 kasih,

 [mailto:iagi-net@iagi.or.id]
 *On Behalf Of
 Mailist MGEI
 Dyah Wijayanti; Singgih
 wignyowinoto; Sigit Rahardjo; Imam A
 Putranto

 susunan pengurus inti (PP)
 acara sertijab Ketum IAGI
 ini diumumkan kepada
 2014-2017.

 program kerja yang akan
 masukan-masukan
 IAGI.

 IAGI 2014-2017:

 ini adalah bidang yg baru dibentuk di
 tugas atamanya adalah me-review dan memberi
 kebijakan-kebijakan publik terkait dengan kegeologian yang
 bidang yg baru dibentuk untuk menampung
 profesi pabum termasuk menjalankan
 ekstraksi migas dan minerba diarahkan
 anak organisasi yg ada yaitu ISPG dan
 memiliki anak organisasi untuk menanganinya
 geohidrologi diwadahi dalam satu bidang sendiri
 Program utama Bidang Geologi Teknik dan
 sertifikasi ahli.
 Bencana Geologi dan Pelestarian
 & PIT, Bidang Humas & Publikasi, Biro
 adalah sama dengan yang ada di PP

 Kehormatan, Etika dan
 >>> Penghragaan (DKEP)*. Di dalam AD-ART yang
 disahkan pada Munas 2014 lalu
 sebelumnya), menyatakan bahwa
 (lebih 10 tahun keanggotaan),
 lainnya, dan disahkan oleh Munas
 >>> IAGI. Istilah "Etika dan Penghargaan” tdk
 disebutkan di dalam AD-ART, shg
 Profesi adalah kreasi dan
 bertentangan dengan
 dikosongkan sampai saat ini karena
 ini sejalan dng AD-ART.

 “tanda tanya” masih menunggu

 LINGKUNGAN*

 dilampirkan pada email ini (mas
 iaginet).

 2014-2017 (sementara), dan
 dukungan dari seluruh
 untuk lebih membumikan
 bergabung di dalam PP diucapkan
 bekerja menjalankan roda
 geologi Indonesia.

 & Exhibition

 Rp.100.000,- (mahasiswa)
 (IAGI)

 IAGI or others.
 for any, including but
 >>> not
 any kind whatsoever,
 >>> resulting
 >>> from loss of use, data or profits, arising out
 of or in connection with